KRIMINAL

Polsek Cilincing tangkap bajing loncat yang mana beraksi pada Marunda

Pelaku sudah ada diamankan berikut barang bukti dalam bentuk kain terpal, besi, serta dongkrak

Jakarta – Polsek Cilincing  Ibukota Indonesia Utara menangkap pria berinisial R yang mana diduga pelaku bajing loncat dengan sasaran truk yang digunakan sedang melintas dalam Jembatan Rusunawa Marunda, Kecamatan Cilincing pada 28 Agustus.

"Mereka ini menjalankan aksinya bertiga juga baru satu pelaku yang kami tangkap pasca dua jam  kejadian," kata Kapolsek Cilincing Kompol Fernando Saharta Saragi didampingi Kanit Reskrim Polsek Cilincing Iptu Pilipi Ginting di dalam Jakarta, Jumat.

Ia mengungkapkan pelaku yang digunakan diamankan berinisial R berdomisili pada Rusunawa Marunda dan  dua rekannya masih terus diadakan pengejaran.

"Pelaku telah diamankan berikut barang bukti dalam bentuk kain terpal, besi, serta dongkrak," kata dia.

Petugas menjerat pelaku dengan pasal 363 Kitab Hukum Undang Undang Pidana (KUHP) dengan ancaman pidana tujuh tahun penjara.

Ia menambahkan dari hasil interogasi  pelaku ini masih coba-coba di beraksi dengan mengincar truk yang digunakan berada dalam melintas.

Mereka mengaku baru sekali beraksi tapi Kepolisian tiada percaya juga masih  akan mengembangkan ke tempat kejadian perkara lainnya.

"Barang bukti belum sempat dijual oleh sebab itu kejadian jam 12.00 WIB, pelaku diamankan jam 14.00 di area Jalan Cakung Drain," kata dia

Ia menyebutkan pelaku diketahui merupakan pengangguran.

Ia mengimbau untuk pemilik kendaraan truk bak terbuka untuk lebih tinggi waspada apabila ada barang di dalam belakang terpal.

"Sebaiknya dikunci atau digembok untuk menghindari aksi kejahatan. Kami juga rutin melakukan patroli," jawabnya.

Sementara itu, terkait Jalan Cilincing yang dimaksud macet serta sejumlah kontainer berhenti yang memudahkan pelaku memilih truk mana yang merekan incar.

"Korban berhadapan dengan nama Ridho bukan menuntut tapi kami imbau untuk menghasilkan laporan juga dua dituduh masih di pengembangan. Dalam aksi yang dimaksud menyebar kita belum menemukan senjata tajam ketika mereka itu beraksi," kata ia menambahkan.

Sebelumnya beredar video banyak pelaku bajing loncat merebak pada media sosial pada waktu aksinya terekam kamera dasbor (dash cam) pada sebuah kendaraan yang digunakan sedang melintas di dalam Jembatan Marunda yang tersebut sedang padat lalu lintas.

Menggunakan momen kemacetan, para pelaku melakukan pencurian barang muatan dari sebuah truk yang tersebut sedang berhenti.

Ketiga pelaku telah miliki perannya masing-masing. Satu orang  naik ke bak truk, satu lagi berperan memindahkan barang yang berhasil diambil, kemudian lainnya memantau kondisi.

Related Articles

Back to top button