OLAHRAGA

Atlet Tolak Peluru Eki Febri Ekawati Tutup Karier dengan Catatan Apik, Raih Emas pada 4 PON Beruntun

Jakarta – Atlet tolak peluru Jawa Barat, Eki Febri Ekawati, membuktikan dirinya masih perkasa pada nomor tolak peluru putri Pekan Olahraga Nasional empat edisi beruntun setelahnya kembali menyabet medali emas di PON 2024 Aceh-Sumatera Utara.

Keberhasilan itu sekaligus menjadi penutup manis bagi karier Eki yang tersebut menyatakan bahwa PON XXI akan datang menjadi penampilan terakhirnya dalam turnamen multicabang terbesar Indonesia.

“Saya bersyukur bisa saja mempertahankan peringkat juara, apalagi PON tahun ini merupakan yang dimaksud terakhir bagi saya,” kata Eki usai menerima medali emas dalam Stadion Madya Atletik Sumut Sport Center, Deli Serdang, Sumatera Utara, hari terakhir pekan malam.

Ia membeberkan pertandingan terakhirnya itu berjalan dengan lancar, kendati cukup sulit untuk meraih kemenangan.

Eki mengungkapkan motivasi terbesarnya di area PON XXI di usia 32 tahun adalah ingin mengukir kenangan manis dengan empat kali berturut-turut mendapatkan emas pada event empat tahunan tersebut.

Eki meraih gelar kejuaraan pertamanya pada waktu mengikuti PON XVIII Riau 2012, kemudian PON XIX Jawa Barat 2016, PON XX Papua 2020 (penyelenggaraan 2021 lantaran pandemi COVID-19), juga yang digunakan teranyar PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Dari awal, beliau sudah ada meyakini akan meraih hasil maksimal di area PON XXI, lantaran telah mendata kekuatan setiap lawan yang digunakan akan dihadapi, termasuk rekan satu provinsi.

“Memang dari awal saya memprediksi delegasi Nusa Tenggara Barat (I Dewe Ayu Ita), sebagai lawan yang tersebut sengit, apalagi itu telah terbukti sejak 2016, sebab ia terus-menerus membayangi,” ujar peraih emas SEA Games Vietnam 2021 serta Perak SEA Games Kamboja 2023 itu.

Eki berharap, regenerasi lebih banyak baik dapat berkembang pasca dirinya selesai pada PON.

Sebab, menurut dia, nomor tolak peluru merupakan salah satu penyumbang medali bagi Indonesia di area kancah internasional atau dunia.

Pada PON XXI Aceh-Sumut 2024, pasukan atletik Jawa Barat (Jabar), berhasil merebut medali emas kemudian perunggu nomor tolak peluru putri melalui masing-masing Eki Febri Ekawati dan juga Tresna Puspita.

Eki yang tersebut berusia 32 tahun atau paling tua pada antara enam partisipan lainnya, berhasil melempar bola sejauh 15,07 meter. Sedangkan Tresna, mencatatkan lemparan sejauh 13,21 meter. Pertandingan yang dimaksud disertai oleh tujuh atlet dari lima provinsi, yaitu Jawa Barat, Sumatera Utara, Lampung, Nusa Tenggara Barat, serta Papua Tengah.

Related Articles

Back to top button