OTOMOTIF

Tips Memanaskan Motor yang Benar agar Mesin Tetap Awet

Jakarta – Memanaskan motor sebelum digunakan adalah langkah penting yang banyak dijalankan oleh pengendara untuk memverifikasi performa mesin optimal. Meskipun terlihat sederhana, ada beberapa hal yang dimaksud perlu diperhatikan untuk memanaskan motor dengan cara yang dimaksud benar. 

Memanaskan mesin menimbulkan berbagai komponen mendapat sirkulasi oli atau pelumas sebelum dipakai untuk waktu yang lebih besar lama. Dengan adanya sirkulasi pelumas ini, maka mesin dapat berfungsi dengan baik ketika dipakai.

Selain memudahkan proses sirkulasi, memanaskan kendaraan juga berfungsi mengatur suhu motor sehingga tambahan siap untuk digunakan. Motor yang digunakan sudah ada lama tiada dinyalakan juga perlu untuk dipanaskan. Jika mesin motor sudah ada berhenti di jangka waktu lama, udara lalu substansi bakar dapat bercampur. Hal itu dapat diselesaikan dengan memanaskan mesin motor secara tepat.

Berikut beberapa tips untuk memanaskan motor agar mesin tetap memperlihatkan awet lalu bekerja maksimal:

1. Perhatikan durasi waktu

Tips pertama yaitu berkaitan dengan waktu. Masih berbagai orang yang digunakan menganggap bahwa memanaskan mesin motor membutuhkan durasi yang digunakan lama.

Ada pula yang digunakan menganggap semakin lama durasinya akan semakin baik. Sayangnya, pandangan yang dimaksud kurang tepat. Waktu yang diperlukan cukup di kisaran 2-5 menit.

Untuk motor matik, hanya sekali perlu waktu 30 detik. Waktu paling maksimal yaitu 10 menit. Jangan lebih tinggi panjang dari waktu tersebut. Sebaiknya lakukan pada pagi hari sebelum memulai kerja motor. Lama waktu ini perlu menjadi perhatian, supaya tidaklah terlalu lama.

2. Tidak perlu digas

Ketika memanaskan motor, cukup membiarkan mesin motor menyala. Mesin motor tidaklah perlu digas. Biarkan mesin menyala dengan kondisi yang mana stasioner. Hal yang disebutkan sudah ada cukup untuk memberikan sirkulasi bagi oli untuk melumasi putaran di mesin. Itu adalah cara yang dimaksud tepat untuk memanaskan mesin motor. Mesin motor sudah ada mendapatkan pelumasan yang tersebut cukup tanpa perlu digas.

3. Tidak melakukan aktivitas lainnya

Tips selanjutnya yang mana dapat dilaksanakan yaitu tidak ada melakukan aktivitas lainnya ketika sedang memanaskan motor. Saat memanaskan motor, sebaiknya Anda tidak ada melakukan berbagai aktivitas lainnya. 

Memanaskan mesin motor semata-mata membutuhkan waktu yang singkat, sehingga durasinya bisa jadi terlewat jikalau ditinggal dengan berbagai aktivitas. Jika perlu melakukan aktivitas lainnya, pastikan bahwa Anda bukan lupa sedang memanaskan mesin motor. Jangan sampai jadi terlalu lama.

4. Tidak disarankan kickstarter motor secara berlebihan

Memang tidak ada masalah, apabila sebelum menghidupkan motor, Anda mengengkol atau menggunakan kickstarter terlebih dahulu. Namun, ketika kickstarter secara berlebihan, terjadi penumpukan bensin pada mesin. Ketika motor dinyalakan, knalpot akan seperti ‘menembak’ akibat semua bensin yang tersebut terkumpul terbakar semua.

GOOTO | WAHANA HONDA

Daftar Mobil kemudian Motor yang mana Terancam Tak Boleh Isi Pertalite

Related Articles

Back to top button