OLAHRAGA

Tim basket kursi roda Indonesia bersiap menuju Asean Para Games 2025

Solo – Tim bola basket kursi roda menjadikan laga ekshibisi dengan Thailand di tempat sela-sela kegiatan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII Solo 2024 sebagai persiapan bagi pasukan Merah Putih untuk menghadapi Asean Para Games 2025

"Ajang ekshibisi basket kursi roda di area Peparnas ini buat seleksi kami sebelum menyelenggarakan Pelatnas. Rencananya, kami akan mulai persiapan pada bulan Januari 2025. Ada sekitar 16 atlet yang dimaksud mengikuti turnamen ini," kata instruktur regu basket kursi roda Indonesia Efri Meldi pada keterangan resmi, Kamis.

Laga ekshibisi yang disebutkan dijalankan di dalam GOR Sritex Arena, Solo, pada Rabu (9/10).

Kehadiran sosok Efri Meldi menjadi istimewa bagi pasukan basket kursi roda Indonesia. Pasalnya, Efri Meldi merupakan instruktur basket muda yang digunakan mengakibatkan timnya berprestasi pada kompetisi Indonesia Basketball League (IBL).

Efri Meldi mengungkapkan telah melirik beberapa atlet basket kursi roda Peparnas 2024 yang mana masuk pada daftar incaran pada hari pertama pertandingan. Nama-nama pemain ini berpeluang besar mengikuti pelatihan nasional (Pelatnas) yang dimaksud akan segera diselenggarakan mulai Januari 2025 mendatang.

"Rencananya TC akan dilakukan di tempat Solo. Kami memproyeksikan ada 15 pemain yang mana mengikuti Pelatnas, sebab kami harus mempersiapkan regu 5 lawan 5 juga nomor 3 on 3 yang terdiri dari kelompok putra putri," ujar instruktur yang mana akrab disapa Meldi tersebut.

Menjadi instruktur kelompok basket kursi roda merupakan pengalaman baru untuk pembimbing jebolan Magister Keilmuan Keolahragaan tersebut.

Meldi bahkan sempat menimba ilmu ke Thailand agar mampu menjalankan perannya menahkodai kelompok basket kursi roda Indonesia. Ia akan mengadopsi acara pelatihan di tempat Negeri Gajah itu untuk menggembleng anak asuhnya.

Juru taktik selama Tanah Datar, Sumatera Barat, itu mengakui bahwa Thailand patut menjadi acuan perkembangan olahraga ini. Apalagi, Thailand sukses memborong tiga medali emas pada cabor basket kursi roda Asean Para Games 2023 di area Kamboja.

Related Articles

Back to top button