OLAHRAGA

Tekada bela negara Agnes M Yowei dari tentara ke atlet

Solo – Atlet para renang Papua Agnes M Yowei pernah mempunyai tekad kuat untuk membela negara dengan menjadi tentara Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad), namun sekarang ia harus melalui jalan lain untuk membela negara, yaitu sebagai orang atlet.

Atlet berusia 19 tahun yang disebutkan pada masa kini sedang bersaing dalam Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII Solo 2024.

"Keluarga sangat mengupayakan (saat ini). Saya dulu cita-citanya jadi Kowad ya, jadi kuat (karena) ingin sekali membela negara. Terus pas diajak masuk NPC, di dalam situ mama bilang, 'Melalui jalur ini juga bisa jadi untuk membela negara…Mungkin dari kamu bergabung renang, kamu bisa jadi membela negara'," kata Agnes M Yowei untuk pewarta di area Solo, Rabu.

Agnes M Yowei sempat mengalami kecelakaan semasa kecil sehingga membuatnya harus mencari jalan lain untuk mewujudkan cita-citanya membela negara.

Agnes M Yowei merupakan salah satu atlet para renang potensial yang saat ini dimiliki oleh Indonesia. Agnes, sapaan akrabnya, pada Peparnas Papua 2021 menggondol tiga medali emas pada tiga nomor yang mana diikutinya.

Di Peparnas Solo 2024, Agnes juga telah dilakukan naik kelas menuju kelas elite kemudian hanya saja dapat berlaga pada satu nomor pertandingan semata yakni 100 meter gaya dada S10 putri.

"Target saya tentu ingin masuk Pelatnas ASEAN Para Games 2025 di area Thailand. Saya ingin menyebabkan nama baik Indonesia. Saya sangat ingin menyebabkan medali emas untuk Indonesia," jelas Agnes.

Namun, upaya Agnes untuk menjadi atlet berprestasi tidaklah mulus. Agnes mengungkapkan sempat mengalami perundungan oleh teman-teman sebayanya semasa sekolah.

"Dulu teman hina-hina di dalam sekolah, suka ganggu-ganggu terus pokoknya pada komplek. Itu bikin saya tiada terima gitu, oh saya ini kenapa bisa jadi cacat gini?' Kenapa Tuhan kasih saya cacat, dulunya saya normal kenapa sampai sudah ada besar telah sekolah baru Tuhan kasih cacat," ujar Agnes.

Related Articles

Back to top button