OLAHRAGA

Sumardji Bocorkan Komposisi Skuad Timnas Indonesia vs Arab Saudi serta Australia

SOLO – Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji , membocorkan komposisi skuad Timnas Indonesia yang tersebut akan melawan Arab Saudi kemudian Australia. Skuad resmi belum dirilis Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Timnas Indonesia akan menghadapi dua laga penting di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Planet 2026 Zona Asia Grup C. Pertarungan pertama akan berlangsung pada Stadion King Abdullah Sports City, Jeddah, pada 5 September 2024, di area mana Indonesia akan bertemu pasukan tangguh Arab Saudi.

Lima hari kemudian, pada 10 September 2024, Skuad Garuda akan menjamu Australia pada Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Ibukota Indonesia Pusat. Kompetisi kandang ini akan menjadi peluang penting bagi Indonesia untuk meraih poin maksimal di dalam hadapan pendukung sendiri.

Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji, mengonfirmasi bahwa instruktur Shin Tae-yong telah dilakukan memanggil 26 pemain untuk dua laga tersebut. Komposisi regu terdiri dari 12 pemain yang tersebut berkompetisi pada BRI Kejuaraan 1 lalu 14 pemain lainnya yang bermain di tempat luar negeri.

“Ada 12 pemain dari liga domestik (BRI Kompetisi 1). Sisanya, 14 pemain adalah pemain kita yang dimaksud bermain di area luar negeri,” ungkap Sumardji pada waktu ditemui di area Mapolresta Solo, Hari Jumat (16/8/2024).

Sumardji juga menambahkan bahwa beberapa pemain yang tersebut banyak meningkatkan kekuatan Timnas dalam masa lalu masih dipanggil, sementara ada juga yang dimaksud tidak ada lagi masuk pada skuad kali ini. “Beberapa nama yang dimaksud biasa menguatkan Timnas masih dipanggil, namun ada juga yang dimaksud pada saat ini tercoret. Semua ini murni langkah teknis dari pelatih,” jelasnya.

Untuk pemain yang dimaksud berkarier di dalam luar negeri, Sumardji menegaskan bahwa bek naturalisasi Jordi Amat akan kembali meningkatkan kekuatan Timnas pasca terbebas dari hukuman kartu merah. Sebelumnya, Jordi mendapat skorsing ketika Indonesia menghadapi Irak pada 6 Juni 2024 lalu tidak ada bermain ketika Timnas melawan Filipina pada 11 Juni 2024.

“Jordi Amat sudah ada menjalani hukumannya ketika melawan Filipina. Jadi, beliau siap tampil melawan Arab Saudi juga Australia,” kata Sumardji. Sementara itu, Justin Hubner yang dimaksud terkena akumulasi kartu dipastikan absen pada laga melawan Arab Saudi.

Dengan dua pertandingan krusial di area depan mata, Indonesia berharap dapat tampil maksimal dan juga memperbesar potensi lolos ke Piala Bumi 2026.

Related Articles

Back to top button