OLAHRAGA

Sudah Berusia 74 Tahun, Tan Kiong An Raih Medali Emas Biliar PON 2024

Jakarta – Atlet biliar Jawa Tengah Tan Kiong An berhasil meraih medali emas nomor carom 3 cushion single cabang biliar PON 2024 Aceh-Sumut dalam Pardede Hall, Medan, Kamis, 12 September.

Pebiiar berusia 74 tahun yang secara usia paling tua dibandingkan semua pebiliar lain yang digunakan berkompetisi pada cabang biliar PON kali ini, mampu mengatasi perlawanan duta Ibukota Rudy Hasan pada partai pamungkas dengan skor akhir 40-27.

“Senang banget, di dalam Papua (PON Papua 2024 hasilnya) kosong, akhirnya di tempat di lokasi ini dapat emas,” ujar Tan setelahnya pertandingan.

Laga final berlangsung dengan persaingan ketat kedua pebiliar yang saling mengejar poin sejak awal pertandingan hingga mencatatkan skor yang mana identik 24-24.

Tan mengatakan, setelahnya skor seimbang, ia mencoba mendominasi permainan melalui penempatan bola yang mana memproduksi permainan lawan sulit berkembang.

“Saya memang sebenarnya menjaga supaya lawan tak berkembang, ia (Rudy Hasan) mainnya bagus sehingga kalau telah lepas maka saya akan tertinggal,” ujarnya.

Ia menyatakan dirinya telah kerap menghadapi Rudy Hasan pada perlombaan lain sehingga cukup memahami permainan lawannya itu.

Meski menyudahi pertandingan dengan kemenangan, Tan mengaku sempat mengalami kelelahan pada laga tersebut. Ia merasa bersyukur menghadapi diperkenalkan sanak keluarga dan juga regu yang mengupayakan di dalam sekitar arena mampu mengatasi semangat berlaga hingga pergi dari sebagai juara.

“Mereka menyemangati saya jadi saya bangun lagi sebab telah hampir setengah tidur oleh sebab itu lelah,” ujarnya.

Tan pun mempersembahkan medali emas yang disebutkan untuk sanak keluarganya yang terus mendukungnya di pesta olahraga nasional terbesar pada Indonesia.

“Ini (medali emas) buat semua keluarga yang digunakan setiap saat mendoakan,” ujarnya.

Tan berhasil menambah perolehan medali emas untuk kontingen Jawa Tengah pada cabang biliar menjadi dua emas. Satu emas sebelumnya diraih pasangan Rico Dela/Rizkha Affandy pada nomor 15 ball double putra.

Pertandingan cabang biliar PON Aceh-Sumut 2024 sudah ada berlangsung sekitar empat hari sejak Senin, 9 September. Pusat biliar menyuguhkan lima kelas yaitu pool putra, pool putri, carom, english billiard, kemudian snooker yang mana disertai 127 atlet putra lalu 14 atlet putri dari 32 provinsi di area Tanah Air.

Related Articles

Back to top button