Shin Tae-Yong Targetkan 16 Besar, Zainudin Amali: Kita Harus Realistis

Shin Tae-Yong Targetkan 16 Besar
Shin Tae-Yong Targetkan 16 Besar

Nagaliga.news – Amali menegaskan, PSSI tidak pernah memberikan target muluk kepada penggawa timnas Indonesia.

Para petinggi PSSI kini hanya menunggu realisasi ambisi pelatih Shin Tae-yong membawa timnas Indonesia lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023 yang mulai bergulir pada bulan depan di Qatar.

Read More

Sebelumnya, Tae-yong berkali-kali mengungkapkan keyakinannya bisa membawa timnas senior lolos ke 16 Besar turnamen empat tahunan tersebut, meski berada di grup yang sulit, karena akan menghadapi Jepang, Irak, dan Vietnam.

Wakil ketua umum PSSI Zainudin Amali mengatakan, induk organisasi sepakbola nasional ini bersikap realistis dengan kemampuan timnas senior. Kendati demikian, PSSI tetap mengapresiasi target yang dicanangkan Tae-yong.

“Federasi tentu harus realistis. Ketua umum selalu berdiskusi dengan pelatih sejauh mana kemampuan dari anak-anak ini. Kita juga tidak bisa menargetkan hal yang muluk-muluk, sementara kita tidak realistis dengan kondisi kita sendiri,” ujar Amali dilansir laman resmi PSSI.

“Sebagaimana yang sudah disampaikan coach Shin Tae-yong, dia menargetkan untuk lolos ke 16 Besar, ya kita tunggu saja.”

Amali menambahkan, TC di Turki memberikan keuntungan tersendiri bagi timnas senior. Selain bisa mendapatkan lawan uji coba, para pemain juga dapat beradaptasi dengan cuaca yang dianggap tidak jauh berbeda dengan Qatar.

Timnas senior diagendakan melakoni dua uji coba selama berada di Turki, yakni menghadapi Libya pada 2 dan 5 Januari. Mereka kemudian melakukan satu pertandingan persahabatan lagi, yaitu menantang Iran di Qatar pada 9 Januari. Tiga laga uji coba ini bertujuan mengukur fisik serta mental pemain.

“Salah satu alasan saya ditugaskan ke Antalya adalah melihat secara langsung tempat training camp ini. Pilihan mengirim timnas senior latihan di Antalya sangat tepat, terutama untuk persiapan menuju Piala Asia di Qatar. Udaranya cocok untuk menyesuaikan dengan udara di Qatar,” tutur Amali.

“Pemain memang harus melakukan latihan yang berat, kerja keras, sehingga hasilnya bisa maksimal. Salah satu yang selalu menjadi kendala kita adalah fisik dan mental. Di sini coach Chin Tae-yong melatih untuk penguatan fisik dan mental mereka. Saya kira menu latihan yang diberikan kepada anak-anak sudah cukup.”

 

Sumber : GOAL.COM

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *