Shin Tae-Yong Akui Stres Jelang Laga Perdana Piala Asia 2023

Shin Tae-Yong Akui Stres Jelang Laga Perdana Piala Asia 2023
Shin Tae-Yong Akui Stres Jelang Laga Perdana Piala Asia 2023

Nagaliga.news – Tae-yong mempunyai cara tersendiri untuk mengatasi stres dan beban menghadapi Piala Asia.

Kendati terus mengumandangkan kepercayaan diri menatap Piala Asia 2023 berdasarkan pengalamannya, pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong mengakui merasa stres dan terbebani menghadapi turnamen bergengsi di Benua Kuning ini.

Read More

Timnas senior membawa modal tidak bagus menjelang Piala Asia, karena tidak pernah memetik kemenangan di lima laga terakhir. Mereka menelan kekalahan dari Irak, dan bermain imbang melawan Filipina di Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Torehan minor itu berlanjut di masa persiapan menghadapi Piala Asia. Timnas senior mendapatkan kekalahan dengan skor cukup mencolok, yakni dibekap Libya 4-0 dan 3-1, serta dibantai Iran 5-0.

Tak pelak hasil buruk itu mengundang kritikan dari sebagian besar publik sepakbola nasional. Tae-yong pun mengaku dirinya merasa terbebani dan stres menyambut perjalanan skuad Garuda di event ini.

“Saya sebelumnya pernah berpartisipasi di Piala Asia sebagai pemain, pelatih, dan komentator. Tetapi sekarang saya berkompetisi sebagai pelatih [Indonesia], saya merasa terbebani dan stres,” ungkap Tae-yong.

“Namun, saya sangat percaya kepada diri sendiri, dan membuat rencana mendekati turnamen ini dengan berpikir sepositif mungkin.”

Terlepas dari hasil yang diperoleh tim besutannya, Tae-yong menilai perkembangan anak asuhnya terus mengalami peningkatan. Juru taktik asal Korea Selatan ini telah mengevaluasi hasil tiga laga uji coba.

“Para pemain sudah pasti mengalami peningkatan. Saat pertama kali dipanggil, banyak pemain yang kehilangan stamina dan sentuhan permainan, namun mereka meningkat pesat melalui latihan dan pertandingan,” jelas Tae-yong.

“Kami kebobolan lima gol dari Iran, tapi tidak apa-apa. Para pemain muda gugup, sehingga mereka membuat banyak kesalahan. Kebobolan tiga gol karena mereka melakukan kesalahan yang biasanya tidak mereka lakukan. Kekalahan dan pengalaman di kompetisi pasti akan membantu saya.”

Timnas senior mengawali perjalanan di Piala Asia edisi 2023 dengan menghadapi Irak, Senin (15/1), dan selang empat hari kemudian meladeni Vietnam. Timnas senior mengakhiri fase grup dengan melawan Jepang pada 24 Januari.

Sumber : goal.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *