OLAHRAGA

Profil 3 Calon Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia U-19

Jakarta – Timnas Indonesia U-19 akan kedatangan amunisi pemain naturalisasi baru. Ketiga pemain yang disebutkan adalah Mauresmo Hinoke, Tim Geypens, dan, Dion Markx. Sebelumnya, ketiga pemain yang disebutkan diikutsertakan oleh ahli Indra Sjafri berlaga di tempat event Maurice Revello Tournament untuk diseleksi.

Mauresmo, Geypens, lalu Dion akan menambah daftar pemain keturunan yang dinaturalisasi PSSI untuk Timnas Indonesia. Sebelumnya, sudah ada ada 11 pemain naturalisasi yang tersebut sudah pernah mencatatkan caps sama-sama Tim Merah Putih di dalam kompetisi resmi. Jens Raven menjadi nama teranyar yang digunakan telah dilakukan menyandang status Warga Negara Indonesia (WNI), tetapi belum bermain.

Ketiga pemain yang disebutkan akan datang diproyeksikan untuk membela Timnas U-19 Indonesia di area kualifikasi Piala Asia U-20 2025. Tim asuhan Indra Sjafri ketika ini akan tambahan dulu berpartisipasi pada event ASEAN U-19 Boys Champions atau Piala AFF U-19. Berikut profl singkat ketiganya. 

1. Mauresmo Hinoke

Dilansir dari Transfermarkt, Hinoke Mauresmo Johannes Jacob Danny Silvinho lahir pada Breda, Belanda, pada 26 Februari 2005. Ia memiliki tinggi 175 cm juga berposisi sebagai gelandang tengah. Hinoke yang mempunyai kaki dominan bagian kanan sekarang tergabung dengan klub jika Belanda, FC Dordrecht U-21. 

Hinoke mengawali karier sepakbolanya dari klub muda lokal Belanda, yaitu Baronie Youth. Pada musim 2020/2021, dirinya pindah ke akademi Dordrecht. Semusim berselang, Hinoke dipromosikan ke pasukan Dordrecht U-17. Pada 1 Juli 2022, dirinya dipromosikan lagi ke kelompok Dordrecht U-18. 

Setelah penampilan impresifnya di area pasukan U-18, dirinya dipromosikan dengan segera ke kelompok Dordrecht U-21 pada 1 Juli 2023. Selama bermain di dalam liga kelompok umur, dirinya telah terjadi mencatatkan 955 menit bermain kemudian mencetak 3 gol dari 18 pertandingan. 

2.  Dion Markx

Dion Markx lahir dengan nama Dion Wilhelmus Eddy Markx. Ia lahir pada 29 Juni 2005 di dalam Belanda. Pemain berposisi sebagai bek berada dalam ini mempunyai dominan kaki kanan lalu tinggi 188 cm. Saat ini, Dion tergabung di area klub Belanda, NEC Nijmegen U-21. 

Perjalanan karier sepakbola Dion dimulai dalam klub lokal, SV Spero Youth. Pada 2014, dirinya pindah ke Vitesse Youth. Setelah tujuh tahun berseragam Vitesse, Dion kemudian berlamuh ke Nec Nijmegen U-17. Setahun berselang, dirinya dipromosikan ke NEC U-18. Pada 1 Juli 2023, Dion berkesempatan pemasaran ke klub NEC U-21.  Selama bermain di tempat liga kelompok umur, Dion telah lama bermain sebanyak 2.780 menit. Selain itu, ia berhasil mencatatkan dua gol dari 36 kali penampilannya.

3. Tim Geypens

Tim Henri Victor Geypens atau yang lebih tinggi dikenal sebagai Tim Geypens lahir dalam Oldenzaal Belanda. Pemuda berpostur 184 cm ini lahir pada 21 Juni 2005. Sebagai pemain berposisi fullback kiri, ia tergolong memiliki postur yang dimaksud tinggi. Kini ia bermain untuk klub Divisi 2 Belanda, FC Emmen.

Geypens mengawali karier pada akademi FC Twente. Ia menimba ilmu di area sana hingga masuk ke pasukan FC Twente U-21. Pada 1 Juli 2024, ia pindah ke FC Emmen dengan status bebas transfer. Selama berkarir di dalam liga kelompok umur, akan pemain Timnas Indonesia ini mencatatkan 5.016 menit bermain dengan torehan 2 gol kemudian 3 asis dari 65 pertandingan.

ANANDA RIDHO SULISTYA | RANDY FAUZI FEBRIANSYAH

Related Articles

Back to top button