OLAHRAGA

Piala Presiden 2024: Daftar 8 Tim Peserta, Format Turnamen, lalu Alasan Pemilihan Tim

Jakarta – Piala Presiden 2024 akan dimulai pada 19 Juli 2024. Untuk edisi kali ini, pertandingan pramusim menuju kompetisi Turnamen 1 2024-2025 itu belaka akan disertai delapan tim.

Delapan regu yang tersebut dimaksud adalah Persija Jakarta, Persib Bandung, Bali United, Arema FC, Madura United, Borneo FC, Persis Solo, dan juga PSM Makassar. Seluruh kontestan akan dibagi pada dua grup yang digunakan berisi masing-masing empat tim.

Di grup A, ada Persib Bandung yang dimaksud ditunjuk sebagai tuan rumah kemudian akan bersaing melawan Persis Solo, Borneo FC, serta PSM Makassar. Sementara untuk grup B, kelompok yang tersebut akan menjadi tuan rumah adalah Bali United dengan lawan yang dimaksud dihadapi adalah Persija Jakarta, Arema FC, kemudian Madura United.

Pertandingan grup A akan dilakukan di dalam Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Daerah Bandung, sedangkan Grup B pada Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali. Format fase grup, setiap pasukan semata-mata akan saling berhadapan satu kali saja. Dua pasukan teratas akan lolos ke putaran semifinal yang digunakan berlangsung di dalam Stadion Manahan, Solo. Stadion yang dimaksud juga akan menjadi tempat berlangsungnya partai final.

Direktur Utama PT Kejuaraan Indonesia Baru (LIB) Ferry Paulus mengungkapkan ada beberapa faktor yang mana menjadikan delapan klub yang disebutkan sebagai partisipan Piala Presiden 2024. Mulai intensitas keikutsertaan pada beberapa edisi turnamen, hingga partisipasi di dalam kompetisi Asia musim depan.

“Ada tiga klub yang tersebut setiap saat bergabung berpartisipasi oleh sebab itu ini judulnya adalah Piala Presiden, maka klub itu harus berpartisipasi. Ada Persib Bandung, ada Persija Jakarta, juga Arema FC sebagai juara bertahan. Kemudian kita juga memilih tiga tuan rumah, Persib Bandung, ada Solo, dan juga Bali United,” ujar ia pada waktu pada acara jumpa pers Piala Presiden 2024 di area SCTV Tower, Senayan, Ibukota Pusat, Senin, 15 Juli 2024.

“Ada empat klub lagi yang tersebut berpartisipasi, memilihnya dengan mengambil kontestan yang mana berpartisipasi di dalam pertandingan Asia, ada Madura, ada Bandung juga, kemudian ada PSM Makassar, lalu terakhir Borneo, jadi sudah ada lengkap delapan tim,” kata Ferry menambahkan.

Ferry mengungkapkan pembagian grup sendiri diadakan salah satunya melalui seeded yang mana ada di area Kompetisi 1. Selain itu, terdapat pula faktor ketahanan dan juga rivalitas dari masing-masing tim, seperti Persija lalu Persib yang tersebut memang benar ditetapkan agar tak bertemu pada fase awal turnamen.

Piala Presiden 2024 akan dibuka dengan laga Persib Bandung vs PSM Makassar di tempat Stadion Si Jalak Harupat, Wilayah Soreang, Bandung, pada Jumat, 19 Juli 2024. Tim juara nantinya akan datang mendapat hadiah Mata Uang Rupiah 5 miliar.

Related Articles

Back to top button