OTOMOTIF

Mengenal Kimi Antonelli, Pembalap Muda yang dimaksud Baru Bergabung Mercedes untuk F1 2025

JakartaKimi Antonelli menjadi atlet sepeda kedua Mercedes untuk menghadapi Formula 1 atau F1 musim 2025 dengan George Russell. Dikutip dari Antara, peserta balap Italia itu naik kelas dari F2 untuk mengisi kursi kosong yang tersebut ditinggalkan oleh Lewis Hamilton, yang mana sebelumnya dipastikan bergabung dengan Ferrari pada musim depan sama-sama Charles Leclerc.

Antonelli memiliki karier divisi junior lalu cepat naik tingkat. Setelah mengungguli gelar kejuaraan ADAC kemudian F4 Italia pada 2022 serta Kejuaraan Formula Wilayah Eropa pada 2023, divisi junior Mercedes yang disebutkan melewatkan F3 lalu memasuki F2 dengan regu balap Prema. 

Profil Kimi Antonelli

Diikutip dari F1 Fandom, Andrea Kimi Antonelli lahir di tempat Bologna, Italia, pada 25 Agustus 2006. Ia atlet sepeda Italia yang pada waktu ini berlaga di dalam Formula 2 kemudian anggota Tim Junior Mercedes. Pada April 2019, pada usia 12 tahun, ia menjadi salah satu peserta balap termuda yang digunakan bergabung dengan Tim Junior Mercedes; kedua pasca Alex Powell yang dimaksud bergabung dengan pasukan pada ketika yang dimaksud sejenis ketika Powell berusia 11 tahun. 

Dikutip dari Mercedes AMGF1, beliau meraih penghargaan di tempat WSK Euro Series lalu Super Master Series di kategori OK Junior pada musim tersebut, serta menjadi runner-up dalam FIA Karting European Championship dan juga finis kelima pada FIA Karting World Championship. Pada 2020, beliau naik ke kelas OK, mengungguli FIA Karting European Championship serta WSK Euro Series.

Pada 2021, beliau berpartisipasi di berbagai seri karting internasional di area kelas OK, mengungguli FIA European Championship sekali lagi, sebelum naik ke balapan single-seater di dalam akhir musim pada Formula 4 Italia untuk tiga putaran terakhir sama-sama Prema. Di sana, ia menunjukkan kecepatan serta berhasil meraih podium.

Kimi Antonelli berkompetisi secara penuh di tempat F4 pada 2022. Ia meraih gelar kejuaraan ADAC juga Italia dengan cara yang dimaksud mengesankan bersatu Prema Racing. Pada 2023, beliau naik ke Formula Regional, meraih gelar kejuaraan di dalam seri Timur Tengah. Ia juga mendapat peringkat Formula Wilayah European Championship by Alpine dengan lima kemenangan.

Dikutip dari Race Fans, pada 2023, Antonelli melangkah ke level Formula Regional, berkompetisi di area Kejuaraan Timur Tengah kemudian meraih gelar kejuaraan juara dengan tiga kemenangan. Kesuksesannya berlanjut pada Kejuaraan Formula Wilayah Eropa, ia meraih gelar kejuaraan juara lainnya, mengalahkan calon peserta balap F3 Martinius Stenshorne lalu Tim Tramnitz.

Mercedes mengiklankan atlet sepeda berusia 17 tahun yang disebutkan ke Formula 2 untuk musim 2024, bergabung dengan divisi junior Ferrari, Oliver Bearman, pada Prema. Meski performa mobilnya meningkat signifikan, Antonelli sudah pernah konsiste  menunjukkan potensinya dengan meraih poin serta terus meningkatkan performa kualifikasi.

Sebelum musim dimulai, Lewis Hamilton mengumumkan akan meninggalkan Mercedes pada akhir 2024. Antonelli muncul sebagai kandidat yang mana mengejutkan untuk menggantikan kursi juara dunia tujuh kali tersebut.

Setelah balapan Formula 2 pada Melbourne, Antonelli menjalani debutnya di area Formula 1 di tempat Red Bull Ring pada April, mengendarai mobil Mercedes W12, juara konstruktor 2021. Ia mengikuti acara pengujian dengan sasis W13 spesifikasi 2022 yang mana tambahan baru pada Imola, Silverstone, dan juga Circuit de Catalunya.

Debut Antonelli pada sesi latihan F1 tiada berjalan mulus. Saat diberi kesempatan mengendarai mobil George Russell dalam Monza, ia dengan segera mencatatkan waktu tercepat pada putaran pertamanya, tetapi mengalami kecelakaan besar pada putaran keenam. Meskipun tidak ada mengalami cedera, sesi latihannya berakhir lebih lanjut awal.

Pada tahap ini, kebijakan Mercedes untuk memperkenalkan Kimi Antonelli ke F1 telah menjadi rahasia umum. Kurang dari 24 jam setelahnya mobil W15  dikeluarkan dari pembatas, mereka itu mengumumkan, Antonelli akan menjadi rekan setim George Russell pada 2025.

Related Articles

Back to top button