Mantan Striker Liverpool & Manchester City Craig Bellamy Latih Timnas Wales

Mantan Striker Liverpool & Manchester City Craig Bellamy Latih Timnas Wales
Mantan Striker Liverpool & Manchester City Craig Bellamy Latih Timnas Wales

Nagaliga.news – Mantan striker Liverpool & Manchester City Craig Bellamy resmi menjadi manajer timnas Wales, menggantikan Rob Page.

APA YANG TERJADI?

Mantan striker Liverpool dan Manchester City Craig Bellamy telah resmi menjadi manajer timnas Wales setelah Rob Page dipecat bulan lalu gara-gara gagal lolos Euro 2024.

Read More

Bellamy sempat menjabat karteker Burnley, menggantikan Vincent Kompany yang hengkang ke Bayern Munich. Scott Parker, manajer permanen baru The Clarets, ingin mempertahankan Bellamy sebagai staf pelatihnya, namun bekas penggawa timnas Wales itu nampaknya tak bisa menolak panggilan negaranya dan menghadiri wawancara bersama PSSI-nya Wales (FA Wales, atau FAW). Kini, ia dikontrak sampai 2028.

Craig Bellamy Burnley

SITUASINYA

Bellamy sudah sejak lama menyimpan ambisi untuk melatih negaranya dan nyaris mendapatkan jabatan itu pada 2018, meski saat itu ia kalah bersaing melawan legenda Manchester United Ryan Giggs.

Ia mampu memberikan kesan yang kuat dalam wawancara bersama pejabat senior FAW. Berkat itu, Bellamy menjelma menjadi pilihan utama di antara kandidat-kandidat lain seperti legenda Arsenal Thierry Henry, manajer Georgia Willy Sagnol, serta bos Oxford United Des Buckingham.

KATA BELLAMY

Bellamy berbicara pada peresmiannya, Selasa (7/9): “Mendapat kesempatan memimpin negara sendiri adalah sebuah kehormatan besar dan merupakan momen paling membanggakan sepanjang karier saya. Cita-cita terbesar saya adalah menjadi Pelatih Kepala Cymru, dan saya siap menghadapi tantangan ini. Saya akan berkomitmen penuh untuk mengembangkan tim ini dan saya sangat bersemangat untuk terus menghadirkan kesuksesan bagi sepakbola Wales. Saya tak sabar mulai bekerja dengan laga-laga Nations League di Bulan September.”

Kepala Sepakbola FAW, Dr. David Adams, menambahkan: “Dengan penuh kebahagiaan saya mengumumkan Craig sebagai Pelatih Kepala baru kami. Kami menjalankan proses rekrutmen yang menyeluruh untuk Pelatih Kepala Tim Nasional Pria dan Craig diidentifikasi sebagai kandidat terkuat. Kami semua menantikan pertaningan-pertandingan Nations League dan memulai bekerja bersama Craig untuk memberikan kesuksesan bagi Sepakbola Wales.”

TAHUKAH ANDA?

Selama berkarier sebagai pemain, Bellamy mencatatkan 78 caps dan 19 gol untuk Wales sebelum pensiun dari panggung internasional pada 2013. Bellamy memulai karier kepelatihannya di akademi Cardiff City sebelum bergabung dengan staf Vincent Kompany di Anderlecht sebagai asisten manajer, dan lalu mengikuti pria Belgia itu ke Turf Moor.

Craig Bellamy FC Liverpool Norwich City Premier League 04282012

SELANJUTNYA BUAT BELLAMY

Tugas pertamanya sebagai manajer Wales adalah menghadapi Turkiye di Nations League pada 6 September. Lalu bertandang ke Montenegro tiga hari berselang. Ia juga akan memimpin The Dragons di kualifikasi Piala Dunia 2026.

Sumber : goal.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *