Malam 1 Muharram Ditandai dengan Tradisi Minum Susu, Ini Manfaatnya

Malam 1 Muharram Ditandai dengan Tradisi Minum Susu
Malam 1 Muharram Ditandai dengan Tradisi Minum Susu

Nagaliga.newsMALAM 1 Muharram atau malam Tahun Baru Islam biasanya dihiasi dengan banyak tradisi. Salah satunya adalah kegiatan minum susu yang masih dijalani oleh sejumlah orang yang meyakini akan memberi dampak besar bagi tubuh.

Melansir laman Nahdlatul Ulama, Senin (8/7/2024) tradisi minum susu pada malam Tahun Baru Islam berasal dari Abuya Sayyid Muhammad Alawy Al Maliki. Dia merupakan seorang ulama terkenal yang merupakan keturunan Rasulullah SAW.

Read More

Abuya Sayyid Muhammad Alawy Al Maliki mengatakan bahwa meminum susu putih pada malam tersebut melambangkan permulaan tahun yang baru, yang bersih, dan penuh dengan kebaikan. Susu putih menjadi simbol kebersihan dan nutrisi, menjadi metafora untuk tahun yang putih, bersih, dan dipenuhi dengan kebaikan.

Amalan Minum Susu Putih

Perlu diketahui, minum susu putih dianjurkan untuk berdoa terlebih dulu. Adapun hukum membaca doa sebelum minum susu putih adalah sunnah. Anjuran berdoa sebelum minum susu putih ini pun tertuang dalam hadis Rasulullah SAW berikut ini.

“Barangsiapa yang minum susu yang dikaruniai oleh Allah, hendaknya ia berdoa: allaahumma barik lana fihi wa zidna minhu, karena aku tidak tahu satupun yang bisa menggantikan makanan dan minuman melebihi susu.” (HR. Abu Daud dan Ibnu Majah).

Untuk amalan minum susu putih ini dilakukan setelah Maghrib pada malam 1 Muharram hingga sebelum waktu Subuh. Caranya cukup sederhana. Persiapkan segelas susu hangat, lalu baca doa yang telah ditentukan sebelum meminumnya.

Berikut ini bacaan doa saat meminum susu putih di malam 1 Muharram:

Allahumma baarik lanaa fiihi wazidnaa minhu

Artinya: Ya Allah, berkahilah kami di dalam air susu ini dan tambahlah keberkahan kami darinya.

Selain meminumnya, Abuya Sayyid Muhammad Alawy Al Maliki juga membagikan susu putih kepada para santrinya. Melalui cara ini, beliau berharap para santrinya juga akan meraih berkah dan menjalani tahun yang akan datang dengan baik dan penuh keberkahan.

Maka dari itu, amalan minum susu putih di malam 1 Muharram beserta dengan doa, merupakan wujud tafa’ul atau mengharap kebaikan di tahun baru Islam, sebagaimana yang rutin dilakukan oleh Abuya Sayyid Muhammad Alawy Al Maliki.

Sumber : okezone.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *