OLAHRAGA

Luis de la Fuente Ungkap Kunci Penting Keberhasilan Timnas Spanyol Menjuarai Euro 2024

Jakarta – Pelatih Luis de la Fuente membuka kunci sukses Timnas Spanyol menjuarai Euro 2024, yakni sikap para pemain yang mana selalu mempercayai beliau dan juga keputusan-keputusannya.

Untuk itu pula beliau berterima kasih untuk para pemainnya akibat berhasil menjuarai Piala Eropa untuk keempat kalinya yang merupakan rekor pada Eropa.

De la Fuente menggantikan Luis Enrique setelahnya Spanyol tersingkir pada 16 besar Piala Bumi 2022.

Awalnya sejumlah yang digunakan meragukan apakah pembimbing berusia 63 tahun itu mempunyai pengalaman atau kualitas di menyebabkan La Roja mengakhiri paceklik trofi selama satu dekade.

Setelah kekalahan memalukan pada kualifikasi Euro 2024 dari Skotlandia pada Maret 2023 pada pertandingan keduanya sebagai pelatih, media Spanyol menyatakan instruktur yang pernah menangani kelompok muda Spanyol itu bahkan mungkin saja sudah ada berada di tempat ambang dipemec.

Namun sejak itu Spanyol pulih seketika untuk tak pernah kalah di pertandingan kompetitif.

Mereka mengalahkan juara bertahan Italia, tuan rumah Jerman, serta salah satu favorit juara Prancis pada perjalanan ke final Euro 2024, di dalam mana mereka membungkam Inggris 2-1.

“Saya yakin atlet saya percaya terhadap saya… selama satu setengah tahun mereka tak pernah salah,” kata De la Fuente terhadap wartawan seperti diambil AFP pada Senin.

“Satu-satunya hal yang dimaksud saya khawatirkan adalah apakah para pemain percaya untuk saya juga yakin dengan apa yang mana kami katakan. Kini yang dimaksud kami dapatkan adalah kebahagiaan tak terhingga, kebanggaan, juga menikmati momen ini – tak ada yang dimaksud menghadiahkan kami apa pun secara gratis.”

De la Fuente mengaku bangga untuk timnya, yang tersebut luas dianggap sebagai yang mana terbaik pada Piala Eropa.

“Pemain-pemain ini mampu terus mengalami perkembangan juga berprogres lantaran mereka itu tiada bosan, terus bersaing, berupaya menang, memproduksi Anda bangga,” kata De la Fuente.

“Saya turut berbahagia untuk negara saya, untuk Spanyol, melawan kegembiraan yang kami buat juga saya harap rakyat merasakan kebanggaan yang sama.”

Spanyol pada saat ini mempunyai pasukan yang digunakan pada beberapa aspek berbeda dari pasukan haus penguasaan bola ketika menjuarai Piala Global 2010, Euro 2008, juga Euro 2012.

Tim pada waktu ini mempunyai kemampuan serangan balik yang tersebut cepat pada diri peserta sayap seperti Nico Williams serta Lamine Yamal, namun secara teknis masih berbakat kemudian kuat di menguasai bola.

“Kami setia pada ide yang mana digulirkan pemain juga itu dipahami dengan luar biasa,” kata De la Fuente.

Dia juga menyampaikan Spanyol saat ini mempunyai fleksibilitas serta solid di area semua lini.

Related Articles

Back to top button