OLAHRAGA

Laga Final Copa America 2024 Argentina vs Kolombia Sempat Tertunda dikarenakan Kericuhan Suporter

Jakarta – Pertandingan final Copa America 2024, antara Argentina serta Kolombia, di dalam Stadion Hard Rock Miami, Amerika Serikat, Mulai Pekan pagi WIB, 15 Juli tertunda selama lebih lanjut lebih tinggi daru satu jam. Penundaan terjadi dikarenakan kericuhan suporter.

Badan sepak bola Amerika Latin, CONMEBOL, mengkonfirmasi bahwa pertandingan final itu ditunda  selama 45 menit untuk menegaskan belaka para pemegang tiket yang dapat masuk ke di stadion.

Beberapa media lokal melaporkan bahwa para penggemar berjuang masuk ke pada Stadion Hard Rock di dalam Miami tanpa tiket.

Seorang juru bicara CONMEBOL mengungkapkan untuk Reuters bahwa pertandingan akan dimulai pada pukul 07:45 WIB, bukanlah pukul 07:00 seperti yang mana dijadwalkan semula. Belakangan waktu kick-off itu kembali mundur 30 menit.

“Kami menginformasikan bahwa merek yang dimaksud tak memiliki tiket bukan akan mampu masuk ke stadion. Hanya dia yang tersebut sudah membeli tiket yang tersebut dapat memasuki stadion pasca pintu masuk dibuka kembali,” kata badan pengelola dalam X (Twitter).

CONMEBOL mengungkapkan bahwa mereka telah terjadi memperketat keamanan pasca pertandingan semifinal antara Uruguay juga Kolombia, ketika para pemain Uruguay terlibat bentrok dengan para penggemar Kolombia pasca pertandingan berakhir.

Mereka juga mengkonfirmasi bahwa penampilan Shakira dalam fase pertama dalam final akan berlangsung selama 20 menit. Pelatih Kolombia, Nestor Lorenzo, mengungkapkan bahwa ia tidak ada setuju dengan perpanjangan waktu jeda putaran pertama lebih lanjut dari 15 menit akibat hal yang dimaksud dapat mempengaruhi kebugaran para pemain.

Seperti Apa Kericuhan yang Terjadi?

Beberapa jam sebelum jadwal kickoff, para penggemar tampak menerobos gerbang keamanan di tempat Hard Rock Stadium. Video yang digunakan diposting di dalam media sosial menunjukkan para penggemar, yang tersebut sebagian besar mengenakan warna ikterus juga merah Kolombia, melompati pagar keamanan pada dekat pintu masuk Barat Daya stadion juga berlari menyeberangi petugas polisi juga petugas stadion. Teriakan-teriakan terdengar di tempat latar belakang.

Beberapa orang terlihat menerima perawatan medis lalu memohonkan air di tempat sedang teriknya cuaca Florida Selatan. Para petugas berhasil menggerakkan kerumunan orang ke balik gerbang hitam. Mereka kemudian mengunci pintu masuk sehingga bukan ada yang mana mampu masuk ke dalam, meskipun sejumlah penggemar yang digunakan miliki tiket telah lama berhasil mencapai tempat duduk mereka itu sebelumnya.

Pihak keamanan mulai mengizinkan para penggemar masuk kembali secara perlahan sekitar pukul 07.10 WIB, dengan waktu kickoff baru ditetapkan pada pukul 08.15, tetapi keributan tidaklah berhenti. Para penggemar terus menerobos pagar. Mereka merangsek ke di serta mulai berlari ke berbagai arah. 

Tiket-tiket tampaknya tidaklah dipindai. Beberapa penggemar mulai memanjat pagar untuk masuk.

Departemen kepolisian Miami-Dade County mengeluarkan pernyataan di tempat X setelahnya kejadian tersebut, menyebutkan bahwa ada “beberapa insiden” sebelum gerbang dibuka pada stadion. “Insiden-insiden ini merupakan hasil dari perilaku buruk para penggemar yang dimaksud mencoba mengakses stadion,” kata pernyataan itu.

Para pemain memasuki lapangan sekitar pukul 07:38 Waktu Indonesia Barat untuk memulai pemanasan. Diperkirakan akan ada lebih tinggi dari 65.000 penonton yang digunakan hadir di pertandingan turnamen pertandingan Amerika Selatan ini. Pada 08.15 Waktu Indonesia Barat pertandingan Argentina vs Kolombia ini akhirnya mampu dimulai.

REUTERS

Related Articles

Back to top button