Kuil Berusia 4.000 Tahun Ditemukan di Peru, Isinya Bikin Merinding

Kuil Berusia 4.000 Tahun Ditemukan di Peru
Kuil Berusia 4.000 Tahun Ditemukan di Peru

Nagaliga.newsRIBUAN tahun terkubur di bukit pasir, tim arkeologi di Peru berhasil menemukan reruntuhan kuil tempat ritual berusia 4.000 tahun. Yang mencengangkan, sisa-sisa kerangka manusia juga ditemukan di sekitarnya.

Mengutip Daily Star, reruntuhan kuil ditemukan di distrik gurun berpasir Zana, Lambayaque, di Peru Utara. Di sekitar kuil juga ditemukan kerangka manusia yang mungkin merupakan persembahan dalam ritual manusia di zaman itu.

Read More

Penemuan di daerah yang berjarak 780 kilometer dari Kota Lima ini dilakukan oleh tim arkeologi yang dipimpin oleh Luis Muro, arkeolog dari Universitas Kepausan Katolik Peru.

“Kami masih menunggu penanggalan radiokarbon untuk memastikan tanggalnya, tetapi bukti menunjukkan bahwa bangunan keagamaan ini bisa jadi merupakan bagian dari tradisi keagamaan kuil yang dibangun di pantai utara Peru pada masa itu,” kata Luis Muro.

Setidaknya terdapat kerangka tiga orang dewasa yang terkubur antara dinding dan dasar salah satu bangunan bertingkat. Di antara kerangka manusia tersebut, salah satunya lengkap dengan sesaji dan terbalut sejenis kain atau pakaian linen.

Hal inilah yang semakin menguatkan bahwa kuil ribuan tahun ini merupakan bagian dari ritual keagamaan masyarakat terdahulu.Di sisi lain, peneliti menemukan gambar relief tinggi sosok mitologi yang berbadan manusia dan berkepala burung di salah satu dinding kuil.

Muro berpendapat desain tersebut berasal dari sebelum budaya Chavin pra-Hispanik yang menetap di pesisir Peru tengah. Budaya Chavin pra-Hispanik menghuni wilayah tersebut selama lebih dari setengah milenium, tepatnya sejak sekitar tahun 900 SM.

Sumber : okezone.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *