OLAHRAGA

Kolam Renang Selayang Medan dipastikan layak sebagai arena PON 2024

Medan – Kolam Renang Selayang, Daerah Perkotaan Medan, yang tersebut menjadi arena cabang olahraga akuatik pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh-Sumut telah lama selesai direvitalisasi juga dipastikan layak untuk digunakan.

"Seluruh sarana lalu prasarana pertandingan dalam arena akuatik Selayang sudah ada siap digunakan.Dalam waktu dekat akan datang delegasi teknis dari PB PON," ujar ketua Area Pertarungan PB PON Wilayah Sumut Budi Syahputra, di dalam Medan, Rabu.

Dia menjelaskan bahwa arena yang berlokasi di dalam Perkotaan Medan yang disebutkan akan diadakan pemeriksaan oleh delegasi teknis dari PB PON dan juga selanjutnya akan diadakan uji coba arena.

Dalam peninjauan tersebut,kata dia, pihaknya akan memohonkan untuk PB PON agar arena akuatik dilengkapi dengan penambahan beberapa prasarana penunjang, sebagaimana juga hasil pemantauan lalu usulan dari Pengurus Besar Akuatik Indonesia (PBAI).

Fasilitas penunjang yang dimaksud perlu segera dilengkapi, antara lain papan loncat indah, papan penilaian atau scoring board, ruang untuk media hingga pencahayaan pada lokasi arena.

Menurutnya, anggaran pengadaan peralatan yang dimaksud tidak ada ditampung pada APBD Sumut Tahun 2024, sehingga pengadaan perlengkapan pertandingan menggunakan anggaran PB PON.

"Stadion akuatik Selayang Medan ditetapkan sebagai salah satu lokasi pertandingan berdasarkan Keputusan Gubernur Sumut No 188.44/231/KPTS/2023 tentang penetapan arena cabang olahraga PON XXI 2024 Sumut-Aceh untuk wilayah Sumut," sebut dia.

Berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Sumut No 188.44/231/KPTS/2023 tentang Penetapan Arena Unit Olahraga PON XXI/2024 Sumut-Aceh untuk wilayah Sumatera Utara, kolam renang Selayang ditetapkan untuk pertandingan renang indah, renang, polo air kemudian loncat indah.

Disamping itu, Budi menjelaskan bahwa pemerintahan Provinsi Sumut terus berupaya memaksimal memenuhi keinginan seluruh Pengurus Provinsi olahraga termasuk cabang olahraga air tersebut.

Hal itu, lanjut dia, sebagai bentuk komitmen pemerintah setempat untuk memberikan yang tersebut terbaik untuk atlet agar tampil maksimal serta meraih prestasi dalam PON XXI 2024.

"Pemprov Sumut melalui PB PON tetap memperlihatkan akan berupaya maksimal mencari solusi terbaik. Karenanya kami mengharapkan dukungan lalu kerjasama dari kita semua," ujar dia.

Pelaksanaan PON XXI 2024 Aceh-Sumut dibuka pada 8 September 2024 dalam Aceh oleh Presiden Joko Widodo, serta ditutup pada 20 September 2024 pada Sumut oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Dilansir laman Kementerian Pemuda kemudian Olahraga penyelenggaraan PON pada Aceh mengadu 33 cabang olahraga, 42 disiplin cabang olahraga, 510 nomor pertandingan, dan juga diperkirakan akan disertai oleh 5.636 atlet lalu 2.752 ofisial.

Sementara pelaksanaan PON di tempat Sumatera Utara memperlombakan sebanyak 34 cabang olahraga, 46 disiplin cabang olahraga, 602 nomor pertandingan, dan juga diperkirakan akan dihadiri oleh oleh 6.281 atlet juga 3.140 ofisial.

Related Articles

Back to top button