OLAHRAGA

Kiper Timnas Maarten Paes Dielukan Suporter Usai Laga Indonesia vs Australia serta Indonesia Vs Arab Saudi

Jakarta – Kiper Timnas Indonesia, Maarten Paes dielu-elukan oleh suporter timnas Indonesia yang dimaksud hadir di tempat Stadion Gelora Bung Karno (GBK) pada Selasa, 10 September 2024. Maarten mencuri hati penonton dengan penampilan memukau di area bawah mistar gawang pada waktu Indonesia bermain imbang melawan Australia di putaran ketiga putaran kualifikasi Piala Global 2026 zona Asia. 

Pada laga tersebut, kiper dengan syarat FC Dallas yang disebutkan melakukan banyak penyelematan krusial yang tersebut menciptakan gawang Timnas Indonesia selamat dari gempuran serangan regu Socceroos, julukan Australia.

Berdasarkan statistik Fotmob, Australia mengurangi 19 percobaan dengan rincian 14 dari di kotak penalti, lima dari luar kotak penalti lalu satu yang mengenai tiang gawang. Paes sendiri berhasil menggagalkan lima tembakan ke arah gawang. 

Salah satu aksi penyelamatan luar biasa Paes terjadi pada menit ke-35 ketika kiper FC Dalas itu berhasil menggagalkan prospek emas Craig Goodwin pasca lolos dari kawalan dua bek Indonesia. Paes berhasil memblok tendangan Goodwin yang dimaksud masuk serta bukan terkawal di tempat kotak penalti Indonesia.

Aksinya di tempat bawah mistar gawang Timnas Indonesia menciptakan namanya dielu-elukan puluhan ribu suporter yang mana hadir di dalam Stadion Utama Gelora Bung Karno pada waktu pertandingan selesai. Begitu pula ketika menahan imbang Arab Saudi, sebelumnya.

Profil Maarten Paes

Maarten Vincent Paes merupakan pemain kelahiran Nijmegen, Belanda, pada 14 Mei 1998. Ia mempunyai darah Indonesia dari sang nenek yang digunakan lahir di area Pare, Kediri Jawa Timur, pada Maret 1940.

Karier sepak bola kiper berusia 26 tahun yang disebutkan dimulai dari akademi VV Union pada 2012. Pada pertengahan tahu, beliau bergabung ke akademi NEC Nijmegen. Paes cukup lama berada di tempat klub ini kemudian beliau sempat membela regu kelompok umur mulai U-17, U-19, sampai akhirnya masuk di dalam kelompok senior pada 2016.

Namun, Paes tak mendapat kesempatan untuk mencatatkan debutnya. Pada 2018 beliau akhirnya pindah ke FC Utrecht untuk menguatkan kelompok U-21. Setahun berselang beliau penawaran ke pasukan senior kemudian tercatat tampil 48 kali dengan total 12 kali cleansheet di area semua ajang.

Setelah cukup lama berkarier di area Belanda, Paes memilih hijrah ke luar negeri dengan meningkatkan kekuatan klub Major League Soccer (MLS) FC Dallas pada 2022. Berawal dari pinjaman, sekarang ia telah terjadi dipermanenkan dan juga menempati sikap kiper utama. Ia telah bermain 100 kali di area semua turnamen dengan catatan 23 kali cleansheet.

Sebelum resmi menjadi WNI, Paes sempat menguatkan kelompok kelompok umur Belanda mulai U-19, U-20, hingga U-21. Kini bersatu Timnas Indonesia, peluncuran Paes diharapkan mampu memberi dampak positif bagi lini pertahanan Timnas Indonesia. 

Maarten Paes sempat terkendala naturalisasi ketika ia tercatat telah terjadi bermain untuk timnas U-21 Belanda di Kualifikasi Piala Eropa U-21 2021 pada 15 November 2020, ketika usianya telah mencapai 22 tahun. 

Pada ketika itu usia Maarten Paes telah melintasi batas yang dimaksud diizinkan untuk berganti asosiasi menurut peraturan FIFA. Regulasi FIFA tentang Pergantian Asosiasi di poin 2.b.iii, seseorang semata-mata bisa saja beralih kelompok nasional apabila berusia di tempat bawah 21 tahun pada waktu terakhir kali tampil untuk kelompok nasional di tempat level divisi junior maupun senior pada pertandingan resmi Namun, tindakan hukum yang dimaksud bisa saja dimenangkan oleh Maarten Paes kemudian ia berhasil dinaturalisasi oleh Indonesia pada Agustus 2024.

ANANDA RIDHO SULISTYA  | ANANDA BINTANG PURWARAMDHONA | TRANSFERMARKT | MOHAMMAD HATTA MUARABAGJA | ANTARA

Related Articles

Back to top button