Kenapa Suhu Panas Masih Terjadi Walau Sudah Masuk Musim Hujan? Ini Jawaban BMKG

kenapa-suhu-panas-masih-terjadi-walau-sudah-masuk-musim-hujan-ini-jawaban-bmkg
kenapa-suhu-panas-masih-terjadi-walau-sudah-masuk-musim-hujan-ini-jawaban-bmkg

Nagaliga.news – Memasuki musim hujan seperti sekarang, sejumlah wilayah di Indonesia masih mengalami suhu panas. Bahkan cuaca panas dan terik masih sering terjadi layaknya musim kemarau.

Menjawab hal tersebut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BKMG) memberikan alasan fenoma tersebut dalam akun media sosial mereka.

Read More

Dikutip dalam akun media sosial resmi BMKG, Kamis (21/12/2023), cuaca panas di sejumlah daerah di Indonesia disebabkan oleh berkurangnya pertumbuhan awan hujan dan adanya gangguan pola angin yang tumbuh di wilayah utara ekuator.

Hal ini kemudian membuat udara basah dari Asia terhambat masuk ke Indonesia dan mengakibatkan wilayah selatan Indonesia kering dan sinar matahari ke permukaan bumi menjadi maksimal.

Akan tetapi dalam sepakan terakhir hujan intensitas lebat masih akan terjadi di sebagian wilayah di Indonesia, seperti Sumatera Utara, Kalimatan Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara.

Penyebab terjadinya berasal dari pola tekanan rendah di sekitar Laut Cina Selatan yang secara tidak langsung turut membentuk pola pertemuan serra belokan angin. Hal ini mengakibatkan peningkatan pertumbuhan awan hujan di wilayah Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi.

Lebih lanjut BMKG memprediksi jika fenomena tersebut akan terjadi dalam 3-4 hari ke depan, dan akan mencapai peningkatan curah hujan muali Mulai tanggal 23 Desember 2023.

Sumber : okezone.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *