OLAHRAGA

Jokowi: Selamat Saptoyogo Purnomo berhasil patahkan rekor Asia

DKI Jakarta – Presiden Joko Widodo menyampaikan selamat menghadapi pencapaian atlet para atletik Indonesia Saptoyogo Purnomo di tempat Paralimpiade Paris 2024, kemudian berhasil mematahkan rekor Asia.

"Selamat terhadap Saptoyogo Purnomo melawan kemenangan gemilang di dalam Paralimpiade 2024! Rekor Asia berhasil dipatahkan!" tulis Jokowi pada deskripsi unggahan Instagram @jokowi di area Jakarta, Minggu.

Kepala Negara menyampaikan medali perak yang diraih Saptoyogo Purnomo dengan waktu 11,26 detik menghadirkan nama Indonesia semakin bersinar.

Atlet para atletik Indonesia Saptoyogo Purnomo meraih medali perak dalam Paralimpiade Paris 2024 setelahnya mencatatkan waktu 11,26 detik pada partai final nomor 100 meter putra klasifikasi T37, Hari Sabtu WIB.

Dikutip dari keterangan resmi Komite Paralimpiade (NPC) Indonesia, Saptoyogo sebenarnya hanya saja dibebani target medali perunggu pada Paralimpiade 2024 atau sebanding seperti medali yang dimaksud ia dapatkan pada Paralimpiade Tokyo 2020.

Pada fase kualifikasi, Saptoyogo juga berada di dalam urutan ketiga dengan catatan waktu 11,35 detik. Ia berada di tempat belakang dua delegasi Brasil, Ricardo Gomes de Mendonca (11,07 detik) serta Edson Cavalcante Pinheiro (11,33 detik).

Namun, pada partai final, Saptoyogo mampu memperbaiki catatan waktunya menjadi 11,26 detik.

Catatan waktu 11,26 detik meyakinkan Saptoyogo meraih medali perak, sekaligus memecahkan rekor Asia yang dibuatnya pada Asian Para Games 2022. Kala itu, Saptoyogo meraih medali emas dengan catatan waktu 11,28 detik.

Related Articles

Back to top button