Jadwal Car Free Night di Yogyakarta saat Malam Tahun Baru

Jadwal_Car_Free_Night_di_Yogyakarta_saat_Malam_Tahun_Baru

NAGALIGA.news – Wisatawan yang berniat melewatkan pergantian malam tahun baru 31 Desember di Kota Yogyakarta, perlu mengetahui sejumlah titik yang bakal diterapkan kebijakan bebas kendaraan bermotor atau car free night.

Direktur Direktorat Lalu Lintas Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Komisaris Besar Polisi Alfian Nurrizal membeberkan sejumlah titik yang sudah pasti diberlakukan car free night adalah titik yang diprediksi paling banyak mobilitas manusia. Kawasan itu antara lain Jalan Malioboro, Titik Nol Kilometer, dan Tugu Yogyakarta.

Read More

Waktu Car Free Night

Car free night Yogyakarta berlaku di waktu yang berbeda-beda di ketiga kawasan itu. “Car free night di kawasan Jalan Malioboro dimulai dari Pos Teteg hingga Titik Nol Kilometer dari pukul 18.00 WIB hingga pukul 01.00 dini hari,” kata Alfian Kamis 28 Desember 2023.

Adapun untuk area Tugu Yogyakarta atau Pal Putih, car free night baru diberlalukan mulai pukul 22.00 WIB.

Untuk area Tugu, car free night baru diberlakukan mulai pukul 22.00 untuk memudahkan akses pengguna jalan agar tidak terlalu crowded,” kata dia.

Alfian membeberkan car free night diterapkan tak hanya untuk mengurai kepadatan dan kemacetan terjadi di satu titik.

Kebijakan ini juga untuk menekan potensi polusi udara akibat padatnya pengguna kendaraan bermotor sekaligus mengantisipasi adanya kelalaian saat berkendara yang dapat menyebabkan kecelakaan dalam situasi crowded,” kata dia.

Car free night, kata Alfian, diterapkan setelah ada kajian bahwa setiap malam tahun baru, kawasan Tugu, Malioboro, dan Titik Nol selalu padat masyarakat hingga saling berdesakan.

Alfian mengungkap selama libur Natal tahun ini sudah lebih dari 1 juta orang berkunjung ke Malioboro. Wisatawan masuk ke Yogya melalui enam pintu masuk yakni Prambanan, Tempel, Jalan Wates, Jalan Congot, hingga Semin, dan Rongkop.

Di daerah Malioboro saja, mulai 22-27 Desember dikunjungi 1.207.575 orang,” katanya.

Jumlah kendaraan meningkat

Adapun Kepala Bidang Pengendalian dan Operasi Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Yogyakarta, Hary Purwanto menuturkan ratusan ribu kendaraan tercatat masuk ke Yogyakarta per hari sepanjang masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023-2024.

Selama libur Nataru ini setiap harinya ada 134.038 kendaraan yang masuk ke Yogyakarta,” kata dia.

Jika dibandingkan libur lebaran 2023 lalu, tingkat kenaikan rata-rata kendaraan yang masuk ke Yogyakarta pada Nataru ini mengalami peningkatan hingga 5 persen. Libur panjang Idul fitri lalu, rata-rata kendaraan yang masuk berada di angka 127.459 per hari.

Sumber : travel.tempo.co

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *