OLAHRAGA

Idan Fauzan Richsan Pecahkan Rekor Nasional Saat Raih Emas Lompat Galah Putra PON 2024

Jakarta – Atlet Jawa Barat Idan Fauzan Richsan memecahkan rekor nasional atletik nomor lompat galah putra pada Pekan Olahraga Nasional atau PON 2024 Aceh-Sumatera Utara. Ia mencatatkan lompatan setinggi 5,31 meter pada Stadion Madya Atletik Sumut Sport Center, Deli Serdang, Sumatera Utara, Kamis, 12 September.

Ia memecahkan rekor nasional (rekornas) melawan namanya sendiri dengan lompatan 5,3 meter yang tercipta pada 2018. Lompatan itu juga melampaui rekor PON yang mana diciptakan Teuku Tegar dari Jawa Timur dengan lompatan setinggi 5,15 meter di tempat PON Papua 2021.

Usai pengalungan medali, Idan Fauzan Richsan mengaku sangat bahagia sebab bisa saja melampaui rekornas melawan namanya sendiri. Hal itu juga tak terlepas dari perjuangan panjang dan juga latihan keras untuk persiapan menghadapi PON kali ini.

Ia mengaku, melakukan persiapan tambahan dari satu tahun sebab menyadari persaingan dalam PON 2024 sangat ketat terlebih lawan yang digunakan dihadapi adalah atlet-atlet senior dengan segudang pengalaman.

Meski lawan yang tersebut dihadapi lebih lanjut berpengalaman lalu punya jam terbang lebih, ia mengaku mencoba tetap saja tenang kemudian fokus pada tiap lompatan.

“Persiapan lebih banyak dari setahun. Ada beberapa atlet senior yang tersebut menjadi lawan. Tetapi sejak awal saya tetap saja berlaga dengan tenang kemudian konsentrasi penuh. Kontrol diri dikarenakan memang sebenarnya kami sama-sama bisa jadi bertanding,” katanya.

Pencapaian di dalam PON 2024, kata dia, harus menjadi pemicu untuk berlatih lebih banyak keras lagi ke depannya sehingga catatan lompatan sanggup tambahan baik lagi dari yang dimaksud didapat hari ini.

‘Harapannya, semoga mendatang sanggup lebih lanjut baik lagi. Tidak lalai dengan capaian hari ini, terus berlatih dengan lebih besar semangat. Terima kasih terhadap semua pihak yang dimaksud selama ini terus memberikan dukungan serta doa terhadap saya,” katanya.

Related Articles

Back to top button