OLAHRAGA

Hasil Copa America 2024: Argentina Juara Usai Tekuk Kolombia 1-0, Gol Lautaro Martinez Jadi Penentu

Jakarta – Argentina menjamin diri sebagai juara Copa America 2024 usai mengalahkan Kolombia pada partai final, Senin, 15 Juli 2024. Laga yang dimaksud berlangsung pada Hard Rock Stadium, Miami, Amerika Serikat itu berakhir dengan skor 1-0.

Lautaro Martinez menjadi pencetak gol kemenangan La Albiceleste pada fase tambahan, tepatnya menit ke-112. Sebelumnya, kedua kelompok bermain imbang 0-0 sepanjang waktu normal. Hal ini menjadi gol kelima Martinez pada kompetisi tersebut.

Gelar juara Copa America 2024 menjadi trofi ke-16 yang tersebut diraih Argentina sepanjang keikutsertaannya di dalam kompetisi tersebut. Mereka juga berhasil mencetak back-to-back juara usai pada edisi sebelumnya juga mengangkat trofi.

Babak Pertama

Lionel Messi menciptakan potensi emas pertama untuk Argentina pada menit ke-20. Umpan cutback Angel Di Maria disambut dengan tendangan first time yang mengenai badan Julian Alvarez sehingga bola memantul, tetapi masih mampu diamankan kiper Camilo Vargas.

Tempo permainan berjalan cukup cepat dengan Kolombia lebih lanjut sejumlah menguasai bola. Hingga menit ke-30, Luis Diaz dan juga kawan-kawan unggul 56 persen, berbanding 44 persen penguasaan bola Argentina. Mereka juga sudah menciptakan tiga tembakan dengan dua dalam antaranya mengarah ke gawanng, tetapi belum ada yang digunakan benar-benar berbahaya.

Jefferson Lerma menyebabkan prospek emas pertama untuk Kolombia pada menit ke-33. Gelandang berusia 29 tahun itu mengurangi tendangan keras dari luar kotak penalti yang mengarah ke gawang, namun dapat ditepis Emiliano Martinez.

Kolombia berbagai melancarkan serangan melalui kedua sisi sayap yang dihuni Luis Diaz serta James Rodriguez, namun umpan silang maupun cutback yang dimaksud dilepaskan kerap dimentahkan para pemain belakang Argentina. Memasuki 10 menit akhir putaran kedua, Argentina berbalik menguasai permainan. La Albiceleste memulai pembangunan serangan dengan Lionel Messi sebagai pusatnya. Akan tetapi, aliran bola kerap mentok pada area sepertiga akhir lawan.

La Albiceleste memperoleh potensi lewat sema tendangan bebas pada menit ke-44. Umpan Messi disambut sundulan Nicolas Tagliafico yang tersebut masih melambung tipis di tempat melawan gawang Camilo Vargas. Hingga turun minum, skor 0-0 bertahan.

Babak Kedua

Santiago Arias mengurangi tendangan keras dari sisi kanan kotak penalti Argentina pada menit ke-47 usai menerima umpan Luis Diaz. Tetapi tendangan fullback berusia 32 tahun itu masih melebar tipis dari gawang Emiliano Martinez.

Angel Di Maria mendapat kesempatan emas pertama dalam fase kedua pada menit ke-57. Winger selama klub Benfica itu melakukan akselerasi di dalam sisi kiri untuk melintasi satu bek Kolombia kemudian melegakan tendangan keras tepat ke arah gawang, tetapi Camilo Vargas masih mampu menepisnya.

Petaka datang bagi Argentina pada menit ke-64. Lionel Messi mengalami cedera usai benturan dalam putaran pertama. Pelatih Lionel Scaloni secara langsung menarik sang kapten juga memasukkan Nicolas Gonzalez sebagai penggantinya.

Sisa pertandingan fase kedua, Argentina terus menggempur pertahanan Kolombia. Absennya Messi tiada menghasilkan serangan La Albiceleste mengendur. Berbagai pola serangan dilakukan, namun pertahanan Kolombia masih terlalu kokoh. Angka 0-0 bertahan hingga peluit panjang ditiup, pertandingan lanjut ke putaran tambahan.

Babak Tambahan

Lautaro Martinez yang tersebut masuk di tempat sesi tambahan sukses memecah kebuntuan Argentina pada menit ke-112. Berawal dari umpan terobosan Giovani Lo Celso, penyerang jika Inter Milan itu menembus barisan pertahanan Kolombia kemudian mengurangi tendangan yang dimaksud merobek jala kiper Camilo Vargas. Hingga peluit panjang, skor satu-nol bertahan untuk kemenangan Argentina.

Ini menjadi gol kelima Lautaro Martinez pada Copa America 2024 yang digunakan sekaligus menjadikannya sebagai top skor dalam pertandingan ini.

Related Articles

Back to top button