OTOMOTIF

Eksis pada Pameran Akbar GIIAS 2024, Hal ini Profil Produsen Mobil Listrik BYD

Jakarta BYD hadir di tempat pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show disingkat GIIAS yang dimaksud berada dalam dilakukan pada 18 hingga 28 Juli 2024 pada kawasan BSD, Tangerang,

Tak kurang dari 49 merek mobil lalu sepeda gowes motor mengikuti pameran otomotif terbesar setelahnya di tempat Cina. Yang menarik, muncul merek-merek baru dari Cina.

Salah satu yang menarik perhatian adalah BYD. Pada event GIIAS kali ini, PT BYD Motor Indonesia memperkenalkan beberapa orang model mobil listrik terbarunya yang meliputi M6, Dolphin, Atto 3, hingga Agresif. Berikut profil produsen mobil listrik ini. 

Profil BYD

Dilansir dari laman resmi perusahaan, Build Your Dream atau BYD Co Ltd adalah perusahaan teknologi yang dimaksud berkantor pusat di area Shenzhen, China. Perusahaan ini memproduksi mobil, kendaraan beroda dua bertenaga baterai, bus, forklift, panel surya, akumulator isi ulang, truk, kemudian lain sebagainya.

BYD didirikan pada Februari 1995 dengan sel ponsel sebagai salah satu komoditas lertaman. Setelah lebih banyak dari 20 tahun mengalami perkembangan pesat, perusahaan ini sudah mendirikan lebih banyak dari 30 kawasan sektor dalam seluruh dunia. Organisasi yang diinisiasi Wang Chuanfu yang dimaksud juga memainkan peran penting pada lapangan usaha elektronik, mobil listrik, energi baru, dan juga angkutan kereta api.

Perusahaan ini terkenal akan inovasinya. Salah satunya mengembangkan teknologi yang memungkinkan penyimpan daya ponsel untuk dibuat dalam suhu ruang, tidaklah lagi harus di area ruangan yang digunakan hangat. Berkat beragam pembaharuan yang dimaksud dilahirkan, BYD telah dilakukan menerima beberapa penghargaan maupun peringkat ternama di tempat tingkat dunia.

Pada 2010 misalnya, BusinessWeek kemudian Fast Company masing-masing menempatkan BYD sebagai perusahaan paling inovatif dalam dunia peringkat kedelapan dam ke-16. Penghargaan mirip didapukkan PV Magazine pada 2017 berkat inovasinya pada sistem penyimpanan baterainya yang mana lebih lanjut canggih pada hal modularitas, kapasitas pengisian dan juga pengurasan, juga efisiensi.

Dalam 10 tahun pertama sejak didirikan, BYD mengalami pertumbuhan pesat. Dalam kurun satu dekade tersebut, perusahaan ini berhasil menguasai lebih besar dari separuh pangsa bursa elemen penyimpan daya ponsel dunia. Bahkan, BYD menjadi produsen akumulator isi ulang terbesar di tempat Tiongkok serta terbesar keempat di area dunia kala itu.

Setelah berhasil mengembangkan barang baterai, BYD kemudian merambah ke produksi mobil. Produksi penyimpan daya ponsel kemudian diakuisisikan ke anak perusahaan, BYD Electronic pada 2007. Selain sel ponsel, perusahaan cabang ini juga melanjutkan memproduksi komponen ponsel yang digunakan telah terjadi diadakan sejak awal dekade 2000-an.

Sedangkan untuk pengembangan industri pembuatan mobil, perusahaan melakukan pembelian terhadap Tsinchuan Automobile Co Ltd pada 2002. Organisasi cabang ini kemudian dirombak jadi BYD Automobile Co Ltd. Pada 2010, anak perusahaan ini sudah pernah menjadi produsen mobil dengan pemasaran terbesar keenam di area Tiongkok.

Sebagai perusahaan raksasa produsen baterai, BYD Auto kemudian memanfaatkan penyimpan daya yang dimaksud diproduksi oleh induknya untuk memproduksi mobil listrik sejak 2017-an, selain mobil bensin. Beberapa mobil berbasis sel yang disebutkan telah dilakukan diperkenalkan ke bursa Indonesia baru-baru ini. Mobil listrik yang dimaksud antara lain BYD Atto 3, BYD Dolphin, juga BYD Seal.

Selain mobil listrik, BYD juga mengembangkan usaha kereta api perkotaan. Purwarupa monorel dengan nama “Skyrail” pun dikenalkan pada 2016. Jalur Skyrail pertama kemudian dibuka dalam Yinchuan, Tiongkok pada 2018. Setelah itu, beberapa jumlah kota di tempat Tiongkok lainnya, seperti Guilin, Shantou, Guang’an, dan juga Bengbu turut tertarik. Pada 2019, permintaan datang dari banyak kota pada dunia.

HATTA MUARABAGJA | HENDRIK KHOIRUL MUHID
Pilihan editor: Cek Harga Mobil MPV Listrik BYD M6 di area GIIAS 2024 serta Spesifikasinya

Related Articles

Back to top button