OLAHRAGA

Copa America 2024 Tuntas: Argentina Juara, James Rodriguez Pemain Terbaik, Lautaro Martinez Top Skor, Emiliano Martinez Kiper Terbaik

Jakarta – Turnamen Copa America 2024 telah terjadi selesai digelar, Senin, 15 Juli 2024. Argentina berhasil mempertahankan gelar kejuaraan dengan mengalahkan Kolombia satu gol tanpa balas pada final yang tersebut berlangsung hingga perpanjangan waktu pada Miami. 

Laga final itu, yang sempat tertunda lebih lanjut dari sejam dikarenakan ricuh suporter, mengakhiri rangkaian kompetisi yang mana berlangsung selama tiga minggu. Di dalamnya ada gol-gol spektakuler yang digunakan patut diingat kemudian penampilan individu yang digunakan patut dinikmati.

Simak daftar peraih penghargaan pada event Copa America 2024:

Tim Juara: Argentina

Timnas Argentina berhasil mempertahankan gelar kejuaraan setelahnya menang satu-nol menghadapi Kolombia. Mereka meraih kemenangan itu lewat gol Lautaro Martinez di dalam fase perpanjangan waktu.

Sementara itu, Uruguay merebut kedudukan ketiga setelahnya mengalahkan Kanada. Kedua pasukan bermain 2-2, kemudian Uruguay menang 4-3 di adu penalti.

Pemain Terbaik: James Rodriguez (Kolombia) 

Pemain Timnas Kolombia, James Rodriguez. Reuters/ Mark J. Rebilas-USA TODAY Sports

Penghargaan Pemain Terbaik Turnamen adalah penghargaan tertinggi yang digunakan dapat diterima pemain perorangan di tempat Copa America, lalu dikenal juga sebagai Bola Emas. Penghargaan ini diberikan untuk pemain yang tersebut tampil menonjol, yang secara konsisten memberikan penampilan luar biasa selama kompetisi.

James Rodriguez dari Kolombia yang menghadirkan pulang hadiah ini. Pemain berusia 33 tahun itu menikmati kebangkitan kariernya di tempat final ini, meskipun di dalam fase final ia harus bergulat dengan kekecewaan: terpaksa mengundurkan diri dari lantaran cedera dan juga harus meninjau timnya kalah. 

Top Skor: Lautaro Martinez 

Pemain Argentina Lautaro Martinez mencium piala pada waktu melakukan selebrasi pasca berhasil meraih kemenangan Copa America 2024 pasca kalahkan Kolombia satu gol tanpa balas dalam Hard Rock Stadium, Miami, Florida, 15 Juli 2024. REUTERS/Agustin Marcarian

Penghargaan Sepatu Emas diberikan untuk pencetak gol terbanyak atau top skor turnamen. Lautaro Martinez meraih penghargaan ini. Ia membantu perjalanan sensasional Argentina ke final dengan torehan lima gol, termasuk satu di dalam fase final.

Lautaro melakukan beberapa aksi terbaiknya dari bangku cadangan, seperti pada waktu mencetak gol di kemenangan pembuka menghadapi Kanada untuk mengakibatkan La Albiceleste melaju. Ia kemudian mengulangi triknya melawan Chili lalu kemudian mencetak dua gol melawan Peru pada penampilan langka sebagai starter.

Ia turun dari bangku cadangan untuk mencetak gol lagi pada perpanjangan waktu di tempat final, untuk memberi Argentina kemenangan rekor Copa America. Lautaro mengungguli Salomon Rondon dari Venezuela, dengan tiga gol

Sarung Tangan Emas: Emiliano Martinez

Emiliano Martinez. Instagram

Sarung Tangan Emas adalah penghargaan untuk penjaga gawang terbaik kejuaraan ini. Kali ini, penghargaan ini diraih Emiliano “Dibu” Martinez.

Bermain di tempat belakang basisan bek Argentina yang digunakan kokoh membantu Martinez. Namun, kepahlawannya tak mampu diabaikan. Ia melakukan dua penyelamatan pada adu penalti melawan Ekuador dalam perempat final.

SPORTING NEWS

Related Articles

Back to top button