TEKNOLOGI

Contoh surat lamaran kerja di bahasa Indonesia lalu Inggris

DKI Jakarta – Surat lamaran kerja merupakan salah satu aspek penting pada proses melamar kerja pada lowongan yang dibuka.

Selain CV, surat lamaran kerja juga menjadi nilai plus bagi seseorang di menentukan peluangnya pada tempat yang digunakan dilamar. Surat lamaran kerja yang baik dan juga bagus di penyampaian-nya dapat menjadi pertimbangan manusia perekrut di menerima calon pekerja.

Surat lamaran atau biasa juga disebut cover letter, merupakan dokumen utama yang tersebut bahkan seringkali menjadi hal pertama yang tersebut dilihat perekrut. Oleh akibat itu, penting bagi orang pelamar untuk menyertakan surat lamaran atau cover letter di aktivitas melamar kerjanya.

Berikut ini Antara sajikan cara dan juga contoh surat lamaran kerja pada bahasa Indonesia lalu Inggris yang mampu Anda gunakan.

Cara menimbulkan surat lamaran

Membuat surat ini memiliki fungsi untuk menyampaikan maksud serta tujuan terhadap sikap yang dimaksud dilamar, surat ini juga juga berfungsi untuk menonjolkan keterampilan, pengalaman, serta pencapaian yang mana dimiliki oleh sang pelamar dengan padat dan juga singkat.

Surat lamaran memiliki beberapa struktur yang mana perlu diperhatikan sebagai berikut:

Nama lengkap

Tuliskan nama lengkap Anda sesuai dengan yang dimaksud tertoreh di tempat data diri lainnya seperti KTP, akta, lalu kartu keluarga.

Alamat lengkap

Masukan informasi alamat tinggal Anda seperti nama jalan, nomor rumah, nama kompleks/perumahan/kampung kemudian sebagainya, nama kota, hingga kode pos.

Nomor telepon

Cantumkan nomor telepon berpartisipasi yang dimaksud dapat dihubungi oleh pihak perusahaan apabila ada informasi terbaru atau kabar terkait lamaran Anda.

Email

Sertakan alamat email pribadi yang tersebut bergerak juga mudah diakses oleh pihak perusahaan.

Lampiran

Jika Anda menyertakan dokumen tambahan seperti CV, transkrip nilai, atau sertifikat lain pada surat lamaran kerja, sebutkan jumlah total dokumen yang dilampirkan. Contoh: Lampiran: 5 berkas.

Perihal

Tuliskan perihal surat dengan jelas juga singkat. Misalnya, Perihal: Lamaran Pekerjaan sebagai Marketing Executive.

Tanggal surat

Jangan lupa mencantumkan tanggal penulisan surat. Biasanya, tanggal ini ditempatkan di dalam pojok kanan atas. Contoh: Jakarta, 28 September 2024.

Alamat penerima

Sertakan alamat lengkap penerima surat, termasuk nama perusahaan, alamat kantor, kota, lalu kode pos.

Salam pembuka

Gunakan salam pembuka yang formal dan juga sopan, misalnya "Kepada Yth., (Nama Penerima Surat)".

Isi surat

Bagian utama surat lamaran kerja ini berisi alasan kamu melamar kedudukan tersebut, mengapa kamu cocok untuk sikap tersebut, juga keterampilan juga pengalaman yang digunakan kamu miliki. Pastikan untuk menuliskannya dengan singkat, jelas, lalu meyakinkan.

Salam penutup

Akhiri dengan salam penutup yang tersebut sopan, seperti "Hormat saya," atau "Terima kasih melawan perhatian Anda."

Tanda tangan

Setelah salam penutup, tambahkan tanda tangan secara manual. Jika mengirim lewat email, cukup gunakan tanda tangan elektronik atau cukup dengan nama saja.

Nama terang

Tuliskan nama lengkap dengan jelas di tempat bawah tanda tangan.

Halaman selanjutnya: Contoh surat lamaran kerja

Related Articles

Back to top button