OLAHRAGA

Cerita Jay Idzes Kursus Kilat Bahasa Italia

Jay Idzes menceritakan rintangan yang harus dihadapi pada waktu memutuskan merapat ke Venezia pada bursa transaksi musim panas 2023. Saat itu ada berbagai hal yang digunakan membuatnya merasa kesulitan untuk beradaptasi.

Salah satunya mengenai bahasa. Pemain berpostur jangkung ini terpaksa mengikuti les bahasa Italia untuk mempercepat proses adaptasinya.

“Tentu saja, semua orang menempuh jalannya masing-masing juga mungkin saja itu membantu saya juga. Saya benar-benar dipaksa untuk berbicara bahasa Inggris serta khususnya bahasa Italia,” ujar Idzes disitir dari Voetbalzone, Selasa (23/7/2024).

“Di minggu-minggu juga bulan-bulan pertama saya menerima kursus kilat bahasa Italia. Itu juga merupakan bahasa utama selama pelatihan. Istilah-istilah di sepak bola cukup mudah, tetapi dalam desa Mestre tempat saya tinggal tidaklah ada yang berbicara bahasa Inggris. Lambat laun saya belajar lebih tinggi banyak bahasa Italia,” papar Idzes.

Tak cuma bercerita mengenai adaptasi bahasa saja. Idzes juga membeberkan alasan mengejutkan mengapa ia memutuskan pindah ke Venezia. Padahal, kata dia, banyak klub yang mana menginginkannya.

Idzes menjalani musim yang mana cukup baik ketika membela Go Ahead Eagles. Namun pada Juli 2023, beliau harus meninggalkan kelompok itu serta merapat ke Venezia dengan status bebas transfer.

Venezia menjadi klub pertama Idzes pada luar Belanda. Dia mengungkapkan bahwa pada waktu itu dapat cuma tak merapat ke Venezia sebab mendapatkan tawaran dari sejumlah klub, terkhusus klub Belanda.

Tapi, pemain Timnas Indonesia ingin mengasah kemampuan bertahannya. Mengingat, Idzes harus mengalami inovasi sikap ketika membela Go Ahead Eagles dari gelandang menjadi bek tengah.

Related Articles

Back to top button