Bahaya Letakkan Laptop di Pangkuan untuk Kesehatan Reproduksi Pria

Bahaya Letakkan Laptop di Pangkuan untuk Kesehatan Reproduksi Pria
Bahaya Letakkan Laptop di Pangkuan untuk Kesehatan Reproduksi Pria

Nagaliga.newsLAPTOP telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan modern. Mobilitas dan kepraktisannya membuat gawai satu ini dibutuhkan banyak orang. Kontras kepraktisan dan mobilitasnya, ternyata terdapat bahaya tersembunyi bagi pria yang sering meletakkan laptop di pangkuannya.

Ya, Anda tak salah baca kok! Kebiasaan meletakkan laptop di pangkuan bisa berdampak serius pada kesehatan reproduksi pria, terutama karena peningkatan suhu skrotum dan kemungkinan paparan radiasi elektromagnetik.

Read More

Hal ini lantaran, sistem reproduksi pria sangat sensitif terhadap fluktuasi suhu. Skrotum berfungsi untuk menjaga suhu testis sedikit lebih dingin dari bagian tubuh lainnya.

Kemudian saat menaruh laptop di atas pangkuan, panas yang dipancarkan bisa meningkatkan suhu skrotum, berpotensi menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai hipertermia skrotum. Inilah yang bisa memicu terganggunya proses produksi sperma dan mengakibatkan penurunan jumlah dan kualitas sperma.

“Lingkungan yang lebih dingin ini penting untuk produksi dan fungsi sperma. Ketika laptop diletakkan di pangkuan, panas yang dihasilkan dapat meningkatkan suhu skrotum. Ini berpotensi menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai hipertermia skrotum,” kata dokter kandungan dan ahli bedah laparoskopi, Dr. Priyanka Reddy, dilansir dari Times of India, Sabtu (8/6/2024)

“Hal ini dapat mengganggu spermatogenesis, proses produksi sperma, dan menyebabkan penurunan jumlah dan motilitas sperma,” sambungnya.

Cara duduk pria saat menggunakan laptop juga bisa memperburuk kondisi tersebut. Ketika pria duduk dengan lutut rapat, ini bisa mempertahankan panas dan meningkatkan suhu skrotum. Jadi, meskipun pangkuan kaki dilindungi dengan alas atau bantal, suhu skrotum tetap bisa naik.

Pada sisi lain, laptop juga memancarkan radiasi elektromagnetik. Walaupun masih diteliti lebih lanjut, paparan radiasi ini dalam waktu lama bisa menyebabkan stres oksidatif yang merusak sel sperma dan memengaruhi kualitas serta pergerakannya.

Disarankan untuk mengurangi risiko, pria sebaiknya kurangi kebiasaan memangku laptop di atas pangkuan kaki, tapi gunakanlah di meja atau di atas permukaan datar lainnya.

Sumber : okezone.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *