EVENT

Apkasi Otonomi Expo dan juga Apkasi Procurement Network 2024 Maju Menarik Puluhan Ribu Pengunjung

Info Event – Asosiasi otoritas Daerah Seluruh Indonesia (Apkasi) berhasil mendatangkan puluhan ribu pengunjung ke pameran Apkasi Otonomi Expo (AOE) dan juga Apkasi Procurement Network (APN) Tahun 2024. Acara yang digunakan diselenggarakan dalam Hall A juga Hall B Gedung JCC Senayan ini berlangsung meriah, dengan berbagai side event menarik yang menjaga animo pengunjung tetap memperlihatkan tinggi hingga hari terakhir, Hari Jumat (12/7/2024).

Hari terakhir pelaksanaan pameran AOE kemudian APN 2024 dimeriahkan oleh berbagai acara menarik sejak pukul 10.00 Waktu Indonesia Barat hingga sore hari pada penutupan sekitar pukul 17.00 WIB. Salah satu acara yang paling dinanti adalah Fashion Show, pada mana para finalis Putri Otonomi Indonesia (POI) 2024 memeragakan busana rancangan desainer lokal, termasuk koleksi dari Polire. Acara ini semakin meriah dengan peluncuran Menteri Pemuda kemudian Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, yang dimaksud turut menyaksikan secara langsung di area area panggung.

“Acara seperti ini tentu sangat penting bagi partisipan pameran untuk meningkatkan penawaran kemungkinan unggulan daerah, termasuk memberikan kesempatan terhadap anak muda, putra-putri wilayah untuk tampil membawakan kreativitas merekan seperti menampilkan tarian seni budaya. Ini adalah harus kita apresiasi untuk seluruh pemerintah tempat yang telah terjadi memberikan kesempatan untuk putra-putri area tampil pada event sebesar ini,” ujar Menpora Dito.

Menpora juga mengapresiasi Apkasi serta jajaran Dewan Pengurus Apkasi dan juga pemerintah tempat yang mana sangat kompak mengadakan pameran penawaran kemungkinan daerah. “Pastinya kita sangat mengapresiasi, dalam mana Ketum Apkasi sudah ada rutin menghasilkan Apkasi Otonomi Expo. Kita dapat meninjau bagaimana perkembangan kemajuan kabupaten se-Indonesia. Yang paling penting adalah bagaimana seluruh bupati, seluruh kepala dinas, serta jajarannya di area di tempat ini mampu menjadi event konferensi juga saling bertukar informasi maupun opportunity,” tambah Menpora Dito.

Menteri Wisata kemudian Kondisi Keuangan Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, juga mengirimkan video ucapan kemudian dukungan pada penutupan pameran AOE dan juga APN 2024. Sandiaga mengapresiasi Apkasi yang digunakan concern kemudian berazam kuat pada memulai pembangunan tempat melalui berbagai penawaran prospek daerah, termasuk menggalakkan pemanfaatan sistem digital seperti e-catalog LKPP untuk membantu inisiatif digitalisasi pemerintah.

“Selamat bagi seluruh jajaran Pengurus Apkasi yang mana sudah pernah berhasil melaksanakan pameran Apkasi Otonomi Expo 2024 lalu Apkasi Procurement Network Tahun 2024. Acara ini kita harapkan mampu meningkatkan strategi, termasuk optimalisasi berbagai pemasaran komoditas unggulan tempat juga UMKM daerah, juga pemanfaatan digitalisasi juga pengaplikasian jaringan digital seperti e-catalog LKPP. Saya berharap, kolaborasi pentahelix terus kita manfaatkan untuk meningkatkan perekonomian area lalu UMKM,” papar Sandiaga Uno.

Ketua Umum Apkasi, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, menyampaikan apresiasi serta terima kasih terhadap seluruh kontestan kemudian pengunjung yang mana turut memeriahkan acara tahunan Apkasi. “Rakernas juga pameran berjalan dengan baik. Saya menyampaikan rasa syukur serta terima kasih untuk seluruh jajaran Apkasi yang dimaksud sangat menggalang acara ini. Saya juga mengapresiasi seluruh partisipan eksibitor yang tersebut sudah pernah memberikan warna-warni, sehingga setiap stand terlihat menarik. Saya berharap tahun depan kita bisa jadi melaksanakan acara yang tersebut lebih tinggi meriah,” tegas Pimpinan Daerah Dharmasraya ini.

Bendahara Umum Apkasi, yang dimaksud juga Pimpinan Daerah Serang, Ratu Tatu Chasanah, pada sambutan penutup pameran AOE dan juga APN 2024, menyampaikan rasa syukur menghadapi kelancaran acara. “Alhamdulillah, laporan yang saya terima, pelaksanaan pameran AOE serta APN 2024 berjalan lancar. Saya berharap, area mendapatkan pelajaran berharga dari pameran ini, baik masalah penawaran kemungkinan daerah, termasuk pengetahuan tentang e-catalog LKPP yang tersebut harus kita menyokong untuk memajukan perusahaan di negeri melalui Taraf Kandungan Dalam Negeri (TKDN), termasuk memberikan potensi bagi UMKM pada pengadaan barang/jasa pemerintahan,” tegasnya.

Ajang Pentas Seni Budaya dari Berbagai Daerah

Sejak pukul 10.00 WIB, area panggung utama pameran AOE lalu APN 2024 banyak pengunjung yang digunakan ingin menyaksikan penampilan perwakilan area membawakan berbagai tarian kemudian fashion show di Wastra Nusantara. Para finalis Putri Otonomi Indonesia memukau pengunjung dengan atraksi catwalk membawakan koleksi brand Polire.

Puluhan putra-putri dari berbagai area menampilkan tarian khas masing-masing juga berhasil memukau beratus-ratus penonton. Para penari yang digunakan didatangkan segera dari wilayah ini menjadikan event pameran Apkasi sebagai kesempatan untuk unjuk gigi lalu menambah pengalaman tampil pada panggung-panggung skala nasional.

Selama hampir dua jam, penonton disuguhi tarian indah lalu menawan dari berbagai wilayah yang mana ditampilkan secara profesional. Tarian-tarian ini termasuk ‘Labuhan Merapi’ dari Wilayah Sleman, ‘Merudung Pebatun de Bernuansa’ dari Wilayah Bulungan, ‘Mawurake’ dari Kota Morowali Utara, ‘Gamparan Belapati’ dari Kota Serang, ‘Pineng Ngerabung Sanggagh’ dari Wilayah Lampung Tengah, ‘Tatak Manapu Kopi’ dari Daerah Pakpak Bharat, ‘Purnamasari Pakuan Pajajaran’ dari Daerah Bogor, dan juga ‘Wiwi Ndahi’ dari Kota Kolaka.

Direktur Eksekutif Apkasi, Sarman Simanjorang, yang tersebut juga Ketua Panitia Pelaksana event, menjelaskan bahwa animo kontestan dari tempat sangat tinggi sehingga pihaknya harus membatasi total peserta. “Kami berharap, panggung untuk generasi muda nantinya semakin terbuka juga para muda-mudi mendapatkan kesempatan tampil pada memperkenalkan budaya daerahnya,” jelas Sarman.

Dalam laporannya ketika penutupan AOE serta APN 2024, Sarman juga memaparkan bahwa berbagai side event yang tersebut dilaksanakan Apkasi mendapatkan apresiasi dari pengunjung juga eksibitor. “Apkasi terus berjuang mengkaji berbagai side event yang pas dan juga tepat untuk pengunjung, juga memberikan pengalaman juga pengetahuan bagi pengunjung maupun eksibitor dari pemerintah daerah. Inovasi dan juga kreativitas akan kami lakukan sehingga AOE serta APN masih menjadi event pameran kemungkinan tempat terbesar di dalam Indonesia,” papar Sarman.

Berdasarkan data akses dan juga registrasi di dalam pintu masuk, jumlah keseluruhan pengunjung pameran AOE serta APN 2024 hingga hari terakhir mencapai 10.000-an pengunjung. Apkasi tahun ini juga memeriahkan pameran dengan pengundian doorprize dengan hadiah utama kendaraan beroda dua motor Honda dan juga puluhan hadiah lainnya seperti AC, smartphone, smartwatch, hingga tablet terbaru. Selain itu, Apkasi mengumumkan pemenang Anugerah Jurnalistik Apkasi 2024 kategori media cetak lalu media online, juga pemenang video kreatif kemudian Stand Terbaik untuk AOE kemudian APN 2024. (*)

Related Articles

Back to top button