OLAHRAGA

Alasan Hector Souto Jadi Pelatih Timnas Futsal Indonesia

JAKARTA Federasi Futsal Indonesia (FFI) resmi menunjuk Hector Souto sebagai Pelatih Kepala Tim Nasional (Timnas) Futsal Indonesia yang mana baru. Ketua Tim Akselerasi Prestasi Federasi Futsal Indonesia, Michael Sianipar, mengungkap alasan pihaknya menggandeng instruktur selama Spanyol tersebut.

Hector Souto ditunjuk sebagai instruktur Timnas Futsal Indonesia dengan menggantikan kedudukan yang tersebut ditinggalkan Marcos Sorato. Juru taktik dengan syarat Brasil itu secara secara tiba-tiba meninggalkan skuad Garuda pada akhir bulan Juli lalu.

Ditunjuknya Hector Souto merupakan angin segar. Apalagi, instruktur jika Spanyol itu sanggup dibilang sudah ada paham betul sistem ekologi futsal Tanah Air. Itu akibat beliau pernah menahkodai Bintang Timur Surabaya.

Hal itu juga yang tersebut menjadi alasan FFI memilih Hector Souto sebagai juru taktik anyar Timnas Futsal Indonesia. Michael Sianipar menjelaskan kalau visi permainan instruktur selama Spanyol itu sangat cocok dengan FFI.

“Kami sangat senang mampu bekerja mirip dengan Hector Souto. Pengalaman dan juga visinya pada permainan futsal sangat cocok dengan arah yang dimaksud ingin kami tuju,” kata Michael Sianipar pada keterangannya, Kamis (15/8/2024).

“Pengalaman selama di area Indonesia menciptakan Coach Souto sangat paham dengan kemungkinan juga kondisi Futsal Indonesia,” lanjutnya.

Michael Sianipar optimistis dengan masa depan Timnas Futsal Indonesia dibawah kendali Hector Souto. Dia sangat yakin eks instruktur Bintang Timur Surabaya itu mampu mengakibatkan skuad Garuda terbang tinggi.

“Kami yakin pada bawah kepemimpinannya, kelompok nasional akan mampu mencapai prestasi yang digunakan lebih tinggi baik dalam kancah internasional,” terang Michael Sianipar.

Diketahui, ahli berusia 42 tahun itu akan segera memulai tugasnya dengan mengatur sesi latihan pada Agustus. Selanjutnya ia telah lama mengagendakan pemanggilan pemain untuk seleksi pasukan nasional.

Rekam jejak Hector Souto dengan Bintang Timur Surabaya sangat ciamik. Dia berhasil mengantarkan Bintang Timur Surabaya juara dua kali Kompetisi Futsal Profesional secara berturut-turut dan juga juara AFF Futsal Cup 2022 lalu.

Related Articles

Back to top button