OLAHRAGA

Hasil Atletik PON 2024: Lalu Muhammad Zohri Raih Medali Emas, Nella Agustin Pertajam Rekor Nasional

Jakarta – Kontingen Nusa Tenggara Barat (NTB) menambah pundi-pundi medali emas pada PON XXI Aceh-Sumut atau PON 2024 lewat pelari nasional Lalu Muhammad Zohri. Ia berhasil menjadi yang dimaksud tercepat dari nomor 200 meter putra.

Pada fase final yang dimaksud dilakukan dalam Stadion Madya Atletik Sumut Sport Center, Deli Serdang, Jumat, 13 September 2024, Zohri mencatatkan waktu 20.86 detik. Medali perak diraih Izrak Udjulu dari Gorontalo dengan catatan waktu 21.23 detik dan juga perunggu diraih Bayu Kertanegara dari DKI Jakarta dengan waktu 21.28 detik.

Zohri mengaku bersyukur masih bisa saja mempersembahkan medali emas untuk kontingen NTB. Musababnya, ia masih belum terlalu fit dikarenakan ada sedikit permasalahan dengan otot kakinya. “Alhamdulillah ternyata masih dapat mempersembahkan emas. Tidak mudah, dikarenakan atlet lain juga punya tekad yang tersebut sejenis dengan saya untuk juga bisa jadi meraih medali untuk daerahnya masing-masing,” katanya.

Zohri juga menyampaikan instruksi terhadap atlet atlet muda lainnya, khususnya dari NTB agar terus meningkatkan latihan demi prestasi maksimal. Tidak ada prestasi tanpa latihan keras. Senang serta bangga sekali bisa jadi kembali meraih emas dikarenakan PON ini empat tahun sekali tentunya auranya juga beda dengan perlombaan perlombaan lain,” kata dia.

Ia juga menyampaikan, kemungkinan ia masih bisa saja berlaga di dalam PON mendatang, kebetulan tuan rumah PON adalah NTB sama-sama NTT. Kesempatan itu harus bisa saja dimanfaatkan sekali lagi untuk mempersembahkan medali emas untuk daerahnya.

“Target saya yang tersebut dari dulu sudah ada saya ungkapkan adalah bagaimana mampu mencapai waktu di area bawah 10 detik. Semoga ke depan itu masih dapat saya capai,” ucap Zohri.

Pelari putri Sumatera Utara Nella Agustin mengangkat tangan usai tampil tercepat dalam nomor 200 meter putri (ANTARA/Juraidi).

Nella Agustin Raih Medali Emas dan juga Pertajam Rekor

Pelari Nella Agustin sukses mempersembahkan medali emas PON 2024 untuk kontingen Sumatera Utara dari cabang olahraga atletik nomor 200 meter putri dengan catatan waktu 23.61 detik. Pada putaran final, catatan waktu yang mana ditorehkan Nella Agustin yang dimaksud juga memecahkan rekornas melawan namanya sendiri dengan waktu 23.63 detik.

Selain itu juga memecahkan rekor PON yang dimaksud sebelumnya diciptakan Irene Truitje Joseph (Maluku) di tempat PON tahun 2000 Jawa Timur dengan catatan waktu 23.98 detik.

Keberhasilannya menyumbangkan medali emas memecahkan dua rekor sekaligus. Musababnya, ini merupakan PON pertama kali diikutinya. “Alhamdulillah dapat menyumbangkan emas untuk Sumatera Utara. Terimakasih terhadap semua rakyat yang digunakan sudah memperkuat dan juga mendoakan saya sehingga bisa saja mewujudkan yang digunakan terbaik untuk Sumut,” katanya.

Perempuan selama Daerah Serdang Bedagai itu juga menyebutkan, persiapan untuk menghadapi PON kali ini terbilang cukup lama dan juga selama persiapan itu, latihan secara maksimal terus digenjot pagi dan juga sore. Dari hari ke hari sepanjang menjalani latihan, kata dia, pembimbing juga pengurus PASI Sumatera Utara terus mengingatkan dirinya agar menjaga semangat juga motivasi demi meraih prestasi maksimal nantinya.

Usai PON 2024, atlet berusia 21 tahun ini juga menyampaikan akan tetap memperlihatkan meningkatkan intensitas latihan demi terus menajamkan catatan waktu. Karena salah satu tekad terbesarnya adalah sanggup mewakili Indonesia pada kancah internasional baik Asian Games maupun Olimpiade. “Perjalanan masih panjang, bukan boleh berpuas diri.Masih ada dua nomor lagi yang akan saya ikuti di area PON ini yakni di area 400 meter kemudian 100 meter,” kata atlet jebolan Pusat Pendidikan lalu Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) Sumatera Utara ini.

Related Articles

Back to top button