OTOMOTIF

7 Keunggulan Mobil Pakai Fitur Tombol Start Stop, Hemat Bahan Bakar

Jakarta – Salah satu perubahan yang digunakan ketika ini berbagai ditemukan pada mobil-mobil modern adalah layanan tombol start stop. 

Fitur ini menggantikan kunci kontak dengan sebuah tombol, sehingga pengemudi dapat menyalakan kemudian mematikan mesin kendaraan secara otomatis. Lantas, apa sekadar kelebihan start stop engine system? 

Apa Itu Start Stop Engine System?

Melansir Carbase, fasilitas start-stop adalah teknologi otomatis yang mana dapat mematikan dan juga menghidupkan mesin ketika kendaraan berada pada kondisi idling atau tidak ada bergerak. 

Fitur ini sangat berguna teristimewa ketika mobil berada pada kemacetan akibat teknologi ini dirancang untuk mengempiskan polusi yang tersebut dihasilkan oleh kendaraan, khususnya emisi yang dimaksud dilepaskan ke atmosfer.

Cara kerja start stop engine adalah mesin mobil akan mati ketika rem diinjak, dikarenakan sistem komputer memotong aliran listrik lalu unsur bakar ke ruang bakar. 

Ketika pengemudi mengurangi kaki dari pedal rem, mesin akan kembali menyala. Proses ini biasanya melibatkan pemanfaatan motor starter (dinamo) serta alternator tambahan. 

Keunggulan Mobil Pakai Start Stop

Selain mengempiskan polusi, ada banyak sekali beberapa keunggulan mobil yang digunakan miliki ciri start stop. Berikut daftar kelebihan start stop engine system pada mobil. 

1. Mengurangi Polusi

Mobil  pada kondisi idle ternyata masih menciptakan emisi karbon yang mana berbahaya, meskipun  kendaraan tidaklah bergerak.  

Jika semua kendaraan menggunakan teknologi ini, maka emisi karbon akan berkurang secara signifikan juga dapat mengatasi permasalahan besar dalam berbagai kota.

2. Menghemat Bahan Bakar

Teknologi ini dapat menghurangi konsumsi materi bakar, teristimewa di kondisi lalu lintas yang tersebut padat pada mana mobil kerap berhenti dan juga mulai bergerak kembali. 

Efisiensi ini tak cuma membantu pengemudi menghemat uang tetapi juga berkontribusi pada pengurangan polusi lingkungan.

3. Mobil Lebih Tenang

Keunggulan lain dari ciri start stop pada mobil adalah mobil jadi lebih banyak tenang. Saat mobil di keadaan diam, mesin tak terus bekerja, sehingga perjalanan menjadi lebih besar tenang juga tenteram.

4. Kemudahan Penggunaan

Dengan layanan ini, pengemudi tak perlu lagi mengeluarkan kunci dari saku atau tas mereka untuk menyalakan mesin. Cukup dengan menekan tombol, mesin akan segera menyala. 

5. Tampilan yang dimaksud Lebih Modern

Mobil dengan layanan tombol start-stop rutin kali mempunyai desain interior yang digunakan lebih besar modern dan juga elegan. Pemakaian tombol ini menggantikan slot kunci yang tersebut tradisional, memberikan tampilan yang dimaksud lebih banyak bersih serta canggih pada dashboard mobil.

6. Menguatkan Efektivitas Waktu

Fitur ini juga menghemat waktu ketika menyalakan mobil. Sebagai contoh, dengan kunci, ada kemungkinan kunci macet atau tersangkut, yang mana dapat memakan waktu lama atau bahkan mengganggu usaha untuk menyalakan mobil.

7. Security Tambahan 

Mobil yang digunakan menggunakan tombol start-stop biasanya dilengkapi dengan sistem keyless entry , yang tersebut berarti pengemudi tidak ada perlu menggunakan kunci fisik untuk membuka pintu mobil. 

Fitur ini meningkatkan keamanan akibat sistem ini lebih lanjut sulit untuk dibobol dibandingkan dengan kunci konvensional. 

Sistem keyless entry rutin kali memerlukan sinyal dari remote atau kartu khusus yang unik, sehingga memperkecil kemungkinan pencurian.

RIZKI DEWI AYU

Pilihan Editor: 10 Mobil Termahal di tempat Planet 2024, Ada yang mana Mencapai 450 Miliar

Related Articles

Back to top button