6 Tempat Wisata Terbaik di Berau, Pesonanya Memikat Hati Bikin Ogah Pulang

6 Tempat Wisata Terbaik di Berau, Pesonanya Memikat Hati Bikin Ogah Pulang
6 Tempat Wisata Terbaik di Berau, Pesonanya Memikat Hati Bikin Ogah Pulang

Nagaliga.news – Kaya akan destinasi wisata memikat hati, Berau menjadi salah satu daerah yang sangat mendorong keunggulan pariwisata provinsi yang berjuluk ‘Benua Etam’ tersebut.

Beragam wisata indah dan kece di kabupaten ini dijamin bikin siapapun ogah pulang lantaran setia wisatanya  menawarkan pengalaman berbeda saat berlibur atau mengeksplorasi alam. Tertarik untuk merasakan keunikan dari tempat wisata di Berau? Berikut 6 wisata kece di Berau yang wajib dikunjungi.

Read More

1. Danau Haji Mangku

Nuansa eksotis yang tak biasa ditawarkan oleh danau indah yang terperangkap dalam gua. Danau Haji Mangku atau dikenal juga dengan Goa Halo Tabung merupakan destinasi wisata di mana jernihnya air danau yang berbentuk tabung terperangkap di sekeliling batu karang tinggi. Hal ini memberikan keunikan tersendiri bagi Danau Haji Mangku yang berhasil menawarkan pengunjung pengalam yang berbeda saat mengunjungi sebuah danau.

Gua Haji Mungku

Danau yang terletak di Teluk Harapan, Kecamatan Maratua, Kabupaten Berau ini memiliki air yang sangat sejuk dan jernih dengan kedalaman sekitar 25 meter. Anda bebas berkunjung ke destinasi satu ini karena buka 24 jam dan tidak dipungut biaya masuk alias gratis lho.

2. Pulau Derawan

Masyarakat Kalimantan maupun luar Kalimantan sepertinya sudah tidak asing lagi dengan destinasi wisata satu ini. Pesona dan sensasinya yang ramai diperbincangkan menjadikan Kepulauan Derawan menjadi wisata yang sangat populer. Tak heran mengapa pulau satu ini sangat terkenal lantaran Kepulauan Derawan menawarkan daya tarik menakjubkan dari beberapa pulau yang tersebar di wilayah tersebut. Mulai dari Pulau Derawan itu sendiri, Pulau Maratua, Pulau Sangalaki, hingga Pulau Kakaban.

Pulau Derawan tidak hanya memiliki keindahan alam yang memesona, tetapi keragaman hayati pulau ini juga harus diperhitungkan. Pengunjung akan berkesempatan menyaksikan biota laut  yang menggemaskan seperti pari biru, paus, lumba-lumba, penyu, ikan-ikan laut lainnya, dan berbagai terumbu karang yang cantik.

Pulau Derawan berada di Kecamatan Pulau Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Anda bisa melakukan banyak aktivitas seru di sini seperti snorkeling, bersepeda, dan menaiki beberapa wahana air yang menyenangkan.

Labuan Cermin

3. Danau Labuan Cermin

Masih di kawasan Kepulauan Derawan, Danau Labuan Cermin menjadi wisata kece selanjutnya yang wajib dikunjungi. Sesuai dengan namanya, Danau Labuan Cermin mempunyai air yang sangat jernih bak cermin. Selain itu, perairan ini juga dikenal dengan ‘Danau Dua Rasa’ lantaran air yang berada di permukaan danau akan terasa asin, sementara air di dasar danau akan terasa tawar. Hal ini membuat Danau Labuan Cermin memiliki keunikan yang jarang ditemukan di tempat wisata lainnya.

Perairan yang tenang dan pemandangan sekeliling danau yang menyejukkan dijamin bikin wisatawan ogah pulang. Belum lagi beragam aktivitas seru dapat dilakukan di danau cantik ini. Danau Labuan Cermin berau di Biduk-Biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur dan dapat ditempuh sekitar 6-7 jam perjalanan dari pusat Kota Berau. Meski perjalanan cukup panjang, kejenuhan tersebut akan terhalau oleh kehadiran panorama spektakuler sepanjang perjalanan ke Danau Labuan Cermin.

4. Air Terjun Bawan Batu

Bukan hanya danau, pantai, atau pulau yang indah, Berau juga menghadirkan pesona wisata air terjun yang tak kalah menarik. Salah satunya adalah Air Terjun Bawan Batu. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 10 meter ini mempunyai kolam atau sungai yang luas, airnya pun jernih dan sejuk. Jadi, air terjun ini sangat cocok untuk dijadikan destinasi wisata rsam keluarga dan mengajak sang buah hati tercinta berenang bersama di Air Terjun Bawan Batu ini.

Pepohonan rimbun yang mengelilingi air terjun menambah kesan menangkan yang sangat pas untuk dinikmati kala ingin merasakan ketenangan kesunyian alam. Untuk rute perjalanan menuju objek wisata satu ini terbilang cukup mulus, hanya saja ada beberapa jalan yang belum diaspal. Berlokasi di Long Lanuk, Kecamatan Sambaliung, Berau, Air Terjun Batu Bawan dapat ditempuh sekitar 1,5-2 jam berkendara dari Tanjung Redeb, ibu kota kabupaten Berau.

5. Desa Wisata Kampung Merasa

Destinasi selanjutnya yang tak kalah kece dan rugi jika tidak dikunjungi adalah Desa Wisata Kampung Merasa. Kapan lagi Anda bisa merasakan pengalaman berlibur yang menawarkan 3 jenis wisata sekaligus? Desa wisata satu ini benar-benar mengombinasikan tiga konsep wisata yaitu wisata alam, budaya, dan ekologi bersamaan. Hal ini tentunya akan memberikan pengunjung momen berbeda dibanding tempat wisata lainnya.

Hutan tropis yang menyelimuti kawasan desa wisata satu ini akan memberikan nuansa menyegarkan kala Anda menginjakkan kaki di Desa Wisata Kampung Merasa. Di Kampung Merasa Anda bisa mengeksplor wisata alam lainnya seperti Goa Mulu Besar, Tebing Karst, Pulau Malam Minggu, Pucak Long Sam, dan lain-lain.

Para pencinta kekayaan budaya tidak perlu khawatir karena Anda bisa menyaksikan aneka atraksi budaya di sini, mulai dari Festival Budaya Meja Panjang, tarian tradisional, berburu tradisional, hingga membuat kerajinan tangan tradisional.

Air Panas Asin Pemapak Biatan

6. Air Panas Asin Pemapak Biatan

Keunikan lain dari wisata alam di Berau datang dari Kecamatan Biatan. Wisata Air Panas Asin Pemapak Biatan merupakan destinasi andalan di Biatan yang juga memiliki kekhasan serupa dengan Danau Labuan Cermin yakni hadir dengan air dua rasa. Namun, keunikan dari wisata satu ini bukan hanya dari perairan yang memiliki dua rasa tetapi juga memiliki suhu air yang panas. Di mana semakin dalam sumber airnya, amak akan semakin panas suhu airnya.

Pemandian air panas memang sangat cocok untuk Anda yang ingin merelaksasi tubuh dan pikiran. Apalagi ditemani dengan suasana alam yang menenangkan. Air Panas Asin Pemapak Biatan terletak di Biatan Bapinang, Kecamatan Biatan, Berau. Di situs wisata ini Anda sudah bisa menemukan banyak kios-kios pedagang dan gazebo untuk bersantai.

Sumber : okezone.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *