6 Aliran Pencak Silat yang Ternyata Asli Madiun, Nomor 1 PSHW

6 Aliran Pencak Silat yang Ternyata Asli Madiun, Nomor 1 PSHW
6 Aliran Pencak Silat yang Ternyata Asli Madiun, Nomor 1 PSHW

Nagaliga.newsDERETAN aliran pencak silat yang ternyata asli dari Madiun menarik untuk diulas. Sebab, aliran-aliran ini sudah sangat terkenal di seluruh Indonesia hingga ke mancanegara.

TENTANG PENCAK SILAT

Pencak silat merupakan seni beladiri asli Indonesia. Diperkirakan, bela diri ini sudah ada sejak abad ke-7. Hal ini terbukti dari banyaknya artefak dan senjata yang menggambarkan pencak silat di peninggalan-peninggalan kerajaan Hindu-Budha di Indonesia.

Pencak silat pada awalnya merupakan bela diri untuk menghadapi musuh termasuk para penjajah. Namun seiring berkembangnya zaman, silat juga berubah menjadi olahraga yang dipertandingkan secara internasional.

Saat ini, telah ada banyak aliran pencak silat yang tersebar di seluruh Indonesia dengan ciri khasnya masing-masing. Kota Madiun di Jawa Timur menjadi salah satu wilayah dimana pencak silat berkembang dengan sangat pesat.

BERIKUT ADALAH 6 ALIRAN PENCAK SILAT YANG BERASAL DARI MADIUN

6. Ikatan Keluarga Silat Putra Indonesia (IKS PI) Kera Sakti

IKS PI Kera Sakti

Ikatan Keluarga Silat Putra Indonesia (IKS PI) Kera Sakti merupakan perguruan yang didirikan oleh R.Totong Kiemdarto. Ciri khas aliran ini adalah gerakannya yang dikombinasikan dengan gerakan kungfu. Selain itu, salah satu jurusnya juga terinspirasi dari gerakan seekor kera sehingga disebut sebagai Kera Sakti.

5. Pro Patria

Pro Patria merupakan aliran yang diperkenalkan oleh seorang keturunan China bernama Koh Hwa sejak 1963 di Madiun. Gerakan aliran ini banyak terinspirasi dari gerakan Shaolin dari China. Hal ini karena Koh Hwa banyak belajar dari ayahnya yang mempelajari Shaolin.

4. Perguruan Ki Ageng Pandan Alas

Perguruan Ki Ageng Pandan Alas merupakan perguruan pencak silat yang didirikan di Madiun pada 1972 oleh seorang tentara bernama Koestari Ady Andaya. Aliran ini berfokus pada bela diri tangan kosong yang menjunjung tinggi sifat rendah hati.

Oleh karena itu, pendirinya tidak ingin mempopulerkan tugu lambang perguruannya.

3. Persaudaraan Setia Hati Teratai (PSHT)

PSHT

Persaudaraan Setia Hati Teratai (PSHT) menjadi salah satu perguruan silat tertua dan terbesar di Madiun. Perguruan ini berdiri sejak 1922 oleh Ki Hadjar Hardjo Oetomo. Pada awalnya, silat ini hanya diperuntukkan untuk kaum bangsawan.

Namun kini, PSHT bisa dipelajari oleh semua orang hingga memiliki anggota lebih dari 7 juta orang.

2. Setia Hati Tuhu Tekad (SHTT)

Perguruan Setia Hati Tuhu Tekad (SHTT) didirikan oleh Raden Singgih pada tahun 1918. Ajaran utama yang diajarkan pada aliran ini berpedoman pada Suro Diro Joyoningrat Lebur Dening Pangastuti.

1. Persaudaraan Setia Hati Winongo (PSHW)

Persaudaraan Setia Hati Winongo (PSHW) masih memiliki hubungan dengan perguruan Setia Hati yang lain. Hal ini karena pendiri perguruan ini merupakan murid dari Eyang Suro yang juga merupakan guru dari pendiri perguruan lain. Salah satu ajaran perguruan ini adalah Tat Twam Asi (Ia adalah kamu) dan Kembang Tepus Kaki (yen dijiwit krasa lara aja njiwit liyan/kalau dicubit terasa sakit jangan mencubit orang lain).

Sumber : okezone.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *