Gerhana Bulan Penumbra 25 Maret 2024, Ini Waktu dan Lokasi Pengamatannya

Gerhana Bulan Penumbra 25 Maret 2024, Ini Waktu dan Lokasi Pengamatannya
Gerhana Bulan Penumbra 25 Maret 2024, Ini Waktu dan Lokasi Pengamatannya

Nagaliga.News – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut akan terjadi fenomena Gerhana Bulan Penumbra pada Senin 25 Maret 2024. Fenomena ini dapat diamati secara langsung di beberapa wilayah Indonesia.
Dikutip dari laman BMKG, Gerhana Bulan Penumbra tersebut merupakan anggota ke-64 dari 71 anggota pada seri Saros 113. Pada 5 April 2024, diprediksi gerhana bulan yang akan berasosiasi dengan Gerhana Bulan Penumbra dan dapat diamati dari Indonesia.

Penasaran dengan jadwal dan lokasi pengamatan Gerhana Bulan Penumbra pada 25 Maret 2024 mendatang? Simak selengkapnya di bawah ini.

Read More

Apa Itu Gerhana Bulan Penumbra?

Gerhana bulan merupakan peristiwa terhalangnya cahaya matahari oleh bumi sehingga tidak keseluruhan sampai ke bulan. Peristiwa ini menjadi salah satu hasil dari dinamika pergerakan posisi matahari, bumi, dan bulan yang hanya terjadi saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya.

Gerhana Bulan Penumbra terjadi saat posisi matahari, bumi, dan bulan berada pada posisi sejajar sehingga menyebabkan posisi bulan hanya melewati bayangan penumbra bumi. Akibatnya, bulan tampak redup saat mencapai puncak gerhana daripada pada saat fase purnama.

Jadwal Gerhana Bulan Penumbra 2024

Berdasarkan data BMKG, pada tahun 2024 akan terjadi empat kali gerhana. Keempat gerhana itu adalah dua kali gerhana matahari dan dua kali gerhana bulan. Berikut rinciannya.

1. Gerhana Bulan Penumbra (GBP)
Waktu: 25 Maret 2024

Status Lokasi: dapat diamati dari Indonesia

2. Gerhana Matahari Total (GMT)
Waktu: 8 April 2024

Status Lokasi: tidak dapat diamati dari Indonesia

3. Gerhana Bulan Sebagian (GBS)
Waktu: 18 September 2024

Status Lokasi: tidak dapat diamati dari Indonesia

4. Gerhana Matahari Cincin (GMC)
Waktu: 2 Oktober 2024

Status Lokasi: tidak dapat diamati dari Indonesia.

Waktu Kejadian Gerhana Bulan Penumbra 25 Maret 2024

Proses Gerhana Bulan Penumbra 25 Maret 2024 terbagi menjadi tiga fase, yaitu fase gerhana mulai, fase puncak gerhana, dan fase gerhana berakhir. Berdasarkan data BMKG, berikut rangkaian waktu kejadian Gerhana Bulan Penumbra 25 Maret 2024 dari awal hingga akhir.

Durasi fenomena Gerhana Bulan Penumbra 25 Maret 2024 diprediksi akan berlangsung selama 4 jam 43 menit 39 detik mulai dari fase gerhana mulai (P1) hingga fase gerhana berakhir (P4).

1. Fase Gerhana Mulai (P1)
Pukul 04.50 UT
Pukul 11.50 WIB
Pukul 12.50 WITA
Pukul 13.50 WIT

2. Fase Puncak Gerhana
Pukul 07.12 UT
Pukul 14.12 WIB
Pukul 15.12 WITA
Pukul 16.12 WIT

3. Fase Gerhana Berakhir (P4)
Pukul 09.34 UT
Pukul 16.34 WIB
Pukul 17.34 WITA
Pukul 18.34 WIT

Lokasi Pengamatan Gerhana Bulan Penumbra 2024.

Melansir laporan BMKG, proses Gerhana Bulan Penumbra 25 Maret 2024 hanya dapat diamati pengamat yang berada di wilayah Indonesia bagian timur, sejak bulan terbit hingga berakhirnya fenomena gerhana. Wilayah yang dapat mengamati gerhana bulan meliputi Papua, Papua Barat, dan sebagian Maluku.

Pengamat yang berada di sebelah barat tidak dapat mengamati seluruh fase gerhana bulan. Lokasi tersebut di antaranya Maluku Utara, sebagian Maluku, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, NTT, NTB, Bali, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Lampung, Sumatera Selatan, Bengkulu, Bangka Belitung, Jambi, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Utara, dan Aceh. Hal ini disebabkan posisi bulan yang masih berada di bawah horizon saat peristiwa tersebut terjadi.

Sementara wilayah lain di seluruh dunia, keseluruhan proses fenomena Gerhana Bulan Penumbra dapat terlihat di sebagian besar wilayah Amerika dan Kanada. Proses gerhana bulan saat terbit dapat diamati di sebagian kecil wilayah Asia, sebagian Australia, Selandia Baru, dan sebagian kecil Rusia. Sedangkan, posisi bulan terbenam dapat diamati di sebagian Eropa dan sebagian Afrika.

Gerhana Bulan Penumbra 25 Maret 2024 tidak akan dapat diamati di sebagian besar wilayah Asia, sebagian Australia, sebagian besar wilayah Rusia, sebagian Afrika, dan sebagian Eropa.

 

Sumber : detik.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *