Ramai di Medsos, Apa Benar Makanan Pedas Jadi Penyebab Kista?

Ramai di Medsos, Apa Benar Makanan Pedas Jadi Penyebab Kista?Ramai di Medsos, Apa Benar Makanan Pedas Jadi Penyebab Kista?

Nagaliga.News – Media sosial tengah ramai dengan unggahan seputar penyebab kista ovarium. Kista satu ini dikaitkan dengan kebiasaan mengonsumsi makanan pedas.

Pertanyaannya, apa benar makan pedas jadi penyebab kista?

Kista sendiri merupakan cairan abnormal yang tumbuh di organ tubuh. Kista bisa tumbuh di kulit, payudara, ginjal, hingga rahim (ovarium) dengan ukuran yang bervariasi.

Pada dasarnya, tak diketahui pasti apa yang menyebabkan tumbuhnya kista di ovarium. Namun, ramai gaya hidup, termasuk di antaranya kebiasaan konsumsi makanan tidak sehat, bisa jadi penyebab kista.

“Gaya hidup yang tidak sehat bisa mengganggu sistem reproduksi perempuan,” ujar dokter spesialis obstetri dan ginekologi Dinda Derdameisya, mengutip detikHealth.

Hal yang hampir sama juga diungkapkan oleh dokter spesialis obstetri-ginekologi lainnya Kanadi Sumapraja. Menurutnya, terlalu sempit untuk menghubungkan makanan tertentu dengan penyebab kista ovarium.

“Jadi sesuatu hal yang normatif untuk selalu mengonsumsi makanan yang sehat untuk mencegah berbagai penyakit, termasuk endometriosis,” ujar Kanadi.

Kanadi juga mengatakan, makanan tak jadi satu-satunya pemicu kista ovarium. Di luar itu, ada sederet faktor lain yang ikut berkontribusi seperti masalah hormonal.

Berikut beberapa kondisi umum yang bisa menyebabkan kista ovarium pada perempuan yang masih mengalami siklus menstruasi, mengutip WebMD:

  • endometriosis,
  • ¬†penyakit radang panggul,
  • pertumbuhan sel yang tidak normal,
  • sindrom ovarium polikistik (PCOS),
  • kehamilan.

Pada perempuan yang telah memasuki masa menopause, kista ovarium bisa disebabkan oleh:

  • pertumbuhan non-kanker,
  • cairan di ovarium,
  • kanker.

Demikian penjelasan dan jawaban dari pertanyaan soal apa benar makan pedas jadi penyebab kista ovarium. Semoga membantu.

Sumber : cnnindonesia.com

By naga

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *