KPU Sahkan Hasil Pilpres 2024 Papua Tengah, Prabowo-Gibran Menang

Rapat pleno terbuka rekapitulasi suara berjenjang nasional di Kantor KPU RI, Menteng, JakartaRapat pleno terbuka rekapitulasi suara berjenjang nasional di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta

Nagaliga.News – Jakarta, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan hasil Pilpres 2024 untuk Provinsi Papua Tengah dalam rapat pleno rekapitulasi penghitungan perolehan suara secara berjenjang tingkat nasional di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (17/3/2023) malam.

Hasilnya adalah pasangan nomor urut 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menang dengan 638.616 suara.

Ketua KPU Provinsi Papua Tengah, Jennifer Darling Tabuni menyampaikan bahwa jumlah suara total di Papua Tengah berjumlah 1.133.550 suara, dengan rincian suara sah sebanyak 1.102.282 dan suara tidak sah sebanyak 31.268 suara.

Berdasarkan perolehan suara, pasangan Prabowo-Gibran memiliki suara terbanyak dengan perolehan suara sebesar 638.616 suara. Disusul, pasangan Ganjar-Mahfud dengan perolehan suara sebesar 335.089 suara. Sementara, pasangan Anies-Muhaimin mendapat 128.557 suara.

Usai pembacaan kejadian khusus itu, Ketua KPU RI, Hasyim Asya’ri pun bertanya kepada forum yang dihadiri para saksi masing-masing paslon dan Bawaslu terkait data D-Hasil Provinsi Papua Tengah yang baru dibacakan.

Namun, setelah beberapa menit tidak ada yang mengajukan keberatan, Hasyim pun langsung mengambil keputusan dalam rapat pleno tersebut.

Seluruh saksi pun setuju dengan tidak memberikan interupsi apapun.

Hingga saat ini, rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 masih berlangsung. Kini sudah ada 33 provinsi dari 38 provinsi yang sudah melakukan rekapitulasi tingkat final ini.

Sumber : nasional.okezone.com

By naga

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *