Pungli Rutan KPK, Tahanan Tak Setoran Dibikin Tak Nyaman hingga Disuruh Bersih-Bersih

KPK merilis tersangka Pungli Rutan KPK
KPK merilis tersangka Pungli Rutan KPK

Nagaliga.news – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan para tersangka memberikan perlakuan yang tidak mengenakan kepada para tahanan yang tidak atau terlambat menyetorkan uang.

Hal itu disampaikan Direktur Penyidikan KPK, Asep Guntur Rahayu saat menjelaskan kronologi perkara dugaan pungli Rutan KPK.

“Bagi para tahanan yang tidak atau terlambat menyetor diberikan perlakuan yang tidak nyaman diantaranya kamar tahanan dikunci dari luar, pelarangan dan pengurangan jatah olahraga dan mendapat tugas jatah jaga dan piket kebersihan yang lebih banyak,” kata Asep.

Asep menyebutkan, pungli yang terjadi pada periode 2019-2023 itu dimaksudkan agar para tahanan mendapatkan fasilitas tambahan. Di antaranya, percepatan masa isolasi, layanan menggunakan handphone dan powerbank, hingga informasi sidak.

Uang dari para tahanan tersebut kemudian dikumpulkan kepada tahanan yang disebut sebagai ‘korting’. ‘Korting’ kemudian menyetorkan uanh tahanan kepada ‘lurah’ yang merupakan petugas rutan yang bertugas mengumpulkan uang dari para tahanan.

“Besaran uang untuk mendapatkan layanan-layanan tersebut bervariasi dan dipatok mulai dari Rp300 ribu s/d Rp20 juta yang kemudian disetorkan secara tunai maupun melalui rekening bank penampung dan dikendalikan oleh lurah dan korting,” ujarnya.

Kemudian, uang yang terkumpul di lurah dibagikan kepada para tersangka yang nominalnya disesuaikan dengan posisi dan tugasnya yang dibagikan perbulan mulai dari Rp500 ribu sampai Rp10 juta.

Dalam kurun waktu 2019-2023, Asep menyebutkan total uang yang diraup para tersangka lebih dari Rp6 miliar.

“Rentang waktu 2019-2023, besaran jumlah uang yang diterima HK dan kawan-kawan sejumlah sekitar Rp6,3 miliar dan masih akan dilakukan penelusuran serta pendalaman kembali untuk aliran uang maupun penggunaannya,” pungkasnya.

Sumber : okezone.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

  1. Hilang sudah KEPERCAYAAN MASYARAKAT kepada KPK dan Pemerintah yg TIDAK TEGAS MENINDAK petugas KPK yg seharusnya berintegrasi tinggi sebagai KSATRIA PEMBERANTAS KKN malahan mencontohkan tindakan ‘maling’. Mungkin hanya hukuman bemcana dari Tuhan yg sanggup membersihkan kita semua 😭😭😭