5 Fakta Terkait Pesawat Kargo Smart Air Jatuh di Tarakan Kaltara

5-fakta-terkait-pesawat-kargo-smart-air-jatuh-di-tarakan-kaltara

NAGALIGA.NEWS – Satu pesawat kargo milik maskapai penerbangan Smart Air dilaporkan hilang kontak Jumat pagi ini setelah lepas landas dari Bandara Internasional Juwata Tarakan, Kalimantan Utara (Kaltara) Jumat 8 Maret 2024 pada pukul 08.25 Wita tujuan Binuang, Krayan, Nunukan dan harusnya tiba pukul 09.25 Wita.

Basarnas pun melakukan koordinasi dengan Airnav, Bandara, MAF, Polri, dan instansi terkait lainnya. Mereka juga melakukan floating area guna menentukan arah dan lokasi.

Read More

Dalam pesawat tersebut diawaki oleh satu orang Pilot, Capt M Yusuf serta satu orang Engineer on Board (EOB), Deni S. Tercatat pesawat Smart Air tersebut membawa muatan kargo dengan berat total 583 kilogram.

“Informasinya pesawat yang antar sembako dari Tarakan berangkat jam 08.25 Wita seharusnya jam 09.25 Wita sudah sampai di Binuang. Sampai sekarang belum ada pesawatnya,” kata Kapolsek Krayan Selatan dan Tengah Ipda Andi Irwan, dilansir Antara, Jumat 8 Maret 2024.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga ikut dalam misi pencarian pesawat kargo Smart Air yang hilang kontak di wilayah Kalimantan Utara. Pencarian dilakukan bersama dengan tim gabungan yang telah dibentuk.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati menyampaikan proses pencarian sudah dilakukan sejak Sabtu pagi 9 Maret 2024. Dia mengatakan, pencarian dan evakuasi pesawat PK-SNE milik SMART AIR rute TRK – BNG yang hilang kontak pada 8 Maret 2024, telah dilakukan pagi ini oleh gabungan Basarnas TNI Polri dengan menggunakan Heli Bell 412 TNI AD yang saat ini posisi sudah di Bandara Malinau.

“Pukul 08.00 WITA Tim SAR Gabungan melaksanakan briefing dan bertolak menuju lokasi yang diperkirakan untuk melaksanakan pencarian sesuai rencana operasi,”

Tim SAR gabungan pun akhirnya berhasil menemukan titik lokasi jatuhnya pesawat kargo Smart Air. Lokasi jatuhnya pesawat tersebut ditemukan setelah proses pencarian yang memasuki hari kedua, sejak hilang kontak pada Jumat 8 Maret 2024.

Humas SAR Tarakan Burhadi menjelaskan, lokasi jatuhnya pesawat berada di daerah Binuang, Kecamatan Krayan Tengah, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

“Tarakan: 03.43′.27.60″ 115. 56′. 32.40″ masih daerah Binuang, Kalimantan Utara,” kata Burhadi.

Tim SAR dan Satbrimob Polda Kalimantan Utara berhasil menemukan korban pesawat kargo Smart Air. Korban yang merupakan pilot berhasil ditemukan dalam kondisi selamat.

“Sudah ditemukan, infonya pilot selamat,” ujar Kabid Humas Polda Kalimantan Utara Kombes Pol Budi Rachmat saat dikonfirmasi, Minggu 10 Maret 2024.

Berikut sederet fakta terkait pesawat kargo milik maskapai penerbangan Smart Air sempat hilang kontak pada Jumat 8 Maret 2024

Kronologi Kejadian Pesawat Jatuh Diawaki Dua Orang, Angkut Barang Sembako

4 Fakta Pesawat Smart Air Hilang Kontak di Nunukan, Diduga Hantam Bukit  hingga Pencarian Sempat Dihentikan Sementara - Titiknol.id

Satu pesawat kargo milik maskapai penerbangan Smart Air dilaporkan hilang kontak Jumat pagi ini setelah lepas landas dari Bandara Internasional Juwata Tarakan, Kalimantan Utara (Kaltara) Jumat 8 Maret 2024 pada pukul 08.25 Wita tujuan Binuang, Krayan, Nunukan dan harusnya tiba pukul 09.25 Wita.

Basarnas pun melakukan koordinasi dengan Airnav, Bandara, MAF, Polri, dan instansi terkait lainnya. Mereka juga melakukan floating area guna menentukan arah dan lokasi.

Dalam pesawat tersebut diawaki oleh satu orang Pilot, Capt M Yusuf serta satu orang Engineer on Board (EOB), Deni S. Tercatat pesawat Smart Air tersebut membawa muatan kargo dengan berat total 583 kilogram.

Kapolsek Krayan Selatan dan Tengah, Ipda Andi Irwan menuturkan pesawat Smart Air type Pilatus Pc6 ini mengangkut barang sembako yang mendapatkan subsidi ongkos angkut (SOA).

“Informasinya pesawat yang antar sembako dari Tarakan berangkat jam 08.25 Wita seharusnya jam 09.25 Wita sudah sampai di Binuang. Sampai sekarang belum ada pesawatnya,” kata Andi, dilansir Antara, Jumat 8 Maret 2024.

Kemenhub Ikut Cari, Buat Posko Pencarian

5 Fakta Terkait Pesawat Kargo Smart Air Jatuh di Tarakan Kaltara, Seluruh  Korban Berhasil Dievakuasi - News Liputan6.com

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) ikut dalam misi pencarian pesawat kargo Smart Air yang hilang kontak di wilayah Kalimantan Utara. Pencarian dilakukan bersama dengan tim gabungan yang telah dibentuk.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati menyampaikan proses pencarian sudah dilakukan sejak Sabtu pagi 9 Maret 2024.

Dia mengatakan, pencarian dan evakuasi pesawat PK-SNE milik SMART AIR rute TRK – BNG yang hilang kontak pada 8 Maret 2024, telah dilakukan pagi ini oleh gabungan Basarnas TNI Polri dengan menggunakan Heli Bell 412 TNI AD yang saat ini posisi sudah di Bandara Malinau.

Tim SAR Temukan Lokasi Jatuhnya Pesawat Smart Air

Warga Dengar Dentuman, Pesawat Smart Air Diduga Jatuh - Cokoliat.com
Tim SAR gabungan akhirnya berhasil menemukan titik lokasi jatuhnya pesawat kargo Smart Air di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara). Lokasi jatuhnya pesawat tersebut ditemukan setelah proses pencarian yang memasuki hari kedua, sejak hilang kontak pada Jumat 8 Maret 2024.

Humas SAR Tarakan Burhadi menjelaskan, lokasi jatuhnya pesawat berada di daerah Binuang, Kecamatan Krayan Tengah, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

Tarakan: 03.43′.27.60″ 115. 56′. 32.40″ masih daerah Binuang, Kalimantan Utara,” ujar Burhadi saat dikonfirmasi, Sabtu malam 9 Maret 2024.

Pilot Berhasil Ditemukan Selamat

Kronologi Jatuhnya Pesawat Pilatus Smart Air di Nunukan, Pilot Selamat dan  Teknisi Meninggal - Serambinews.com

Tim SAR dan Satbrimob Polda Kalimantan Utara berhasil menemukan korban pesawat kargo Smart Air yang jatuh di Tarakan, Kalimantan Utara (Kaltara). Korban yang merupakan pilot berhasil ditemukan dalam kondisi selamat.

“Sudah ditemukan, infonya pilot selamat,” ujar Kabid Humas Polda Kalimantan Utara Kombes Pol Budi Rachmat saat dikonfirmasi, Minggu 10 Maret 2024.

Budi menyebut, saat ini proses evakuasi terhadap pilot masih berlangsung. Kondisi lebih lanjut juga belum dapat ia terangkan, yaitu Kapten Pilot M Yusuf (29).

Seluruh Korban Telah Berhasil Dievakuasi

Berita Seputar pesawat jatuh Terbaru dan Terkini Hari Ini - Jawa Pos

Korban pesawat Smart Air Aviation tipe PC6 PK-SNE telah berhasil ditemukan dan dievakuasi ke rumah sakit. Diketahui kedua korban merupakan seorang pilot dalam kondisi selamat dan seorang teknisi yang ditemukan meninggal dunia.

Melansir dari Antara Kepala Basarnas Tarakan Syahril menuturkan seluruh korban telah dievakuasi untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Kedua korban dibawa menggunakan Super Puma H-225M Reg. H-2207.

“Seluruh korban dapat terevakuasi dan dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Jusuf SK untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut,” ujar Syahril pada Minggu 10 Maret 2024.

Sumber : Liputan6

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *