Xiaomi 14 dan 14 Ultra diluncurkan ke pasar global, Cek Harganya

Nagaliganews – Setelah rilis di China, seri Xiaomi 14 akhirnya meluncur global melalui ajang Mobile World Congress (MWC) 2024. Seri flagship tersebut turut mengikuti tren dengan membawa deretan fitur berbasis kecerdasan buatan (AI).

Xiaomi 14 Series hadir dengan model AI untuk beberapa penerapan dalam aktivitas sehari-hari. Salah satunya tool yang memungkinkan transkrip obrolan secara real time. Fitur ini serupa dengan yang diperkenalkan Samsung pada seri Galaxy S24 Ultra.

Read More

Tren penggunaan AI secara menyeluruh memang dimulai oleh Samsung melalui seri Galaxy S24 yang rilis pada awal tahun ini. Sepertinya, langkah Samsung akan ramai diikutip pabrikan China.

Selain Xiaomi, Honor Magic Pro juga membawa fitur AI super canggih. HP ini langsung jadi sorotan di ajang MWC 2024, lantaran fitur AI-nya mampu mengontrol mobil hanya dengan melihat layar.

Kembali ke seri Xiaomi 14, ponsel flagship ini juga memiliki kemampuan yang memungkinkan penggguna mendeskripsikan sebuah foto agar AI bisa menempatkannya ke dalam galeri yang pas.

Selain dari aspek AI, Xiaomi 14 Ultra yang menjadi model paling premium masih fokus pada segi fotografi. Pabrikan China itu berkolaborasi kembali dengan Leiga untuk membawa konfigurasi 4 kamera (quad-camera). Sementara Xiaomi 14 reguler hanya dibekali tiga kamera (triple-camera).

Perusahaan ponsel dan telekomunikasi berbondong-bondong meluncurkan produk dan fitur baru di ajang MWC 2024. AI menjadi tema utama dalam produk-produk yang dipamerkan.

Agaknya AI menjadi tumpuan para perusahaan teknologi untuk menggenjot bisnis. Hal ini dilakukan di kala kontroversi terkait dampak dan risiko AI masih terus dibahas oleh ahli dari berbagai belahan dunia, dikutip dari Reuters, Senin (26/2/2024).

Tahun lalu, Xiaomi menempati posisi ketiga sebagai ponsel dengan pangsa pasar terbesar di dunia. Xiaomi berkontribusi pada 12,5% pengapalan ponsel. Sementara itu Apple meraup 20,1% dan Samsung 19,4%, menurut data IDC.

Selain Xiaomi 14, produsen China tersebut juga mengumumkan beberapa produk wearable. Beberapa di antaranya Xiaomi Smart Band 8 Pro, Xiaomi Watch S3, dan Xiaomi Watch 2.

Lalu ada model berwarna biru yang hadir dengan finishing kristal di bagian punggung. Bobotnya lebih berat, yakni 229,5 gram.

Terakhir, ada juga edisi spesial yang berbalut titanium dengan berat 229,5 gram. Xiaomi mengklaim edisi ini memakai titanium grade 5 serupa dengan iPhone 15 Pro.

Di aspek fotografi, Xiaomi 14 Ultra mempertahankan konfigurasi quad-camera 50MP dengan formula zoom 0,5x, 1x, 3,2x, dan 5x.

Kamera utamanya memiliki sensor berukuran 1-inci dengan pemrosesan gambar terbaru dari Sony LYT-900. Lensanya masih dengan dual-aperture 23mm, tetapi bidang pandangnya lebih lebar dengan tangkapan cahaya lebih maksimal.

Layarnya berukuran 6,73-inci dengan jenis LTPO AMOLED. Refresh rate-nya 120Hz dengan resolusi 3.200 x 1.440 piksel. HP ini juga dilengkapi Dolby Vision dan dukungan HDR10+. Tingkat kecerahannya maksimal sampai 3.000 nits.

Kaca pelindung layarnya diklaim memiliki ketahanan 10 kali lebih mantap saat dijatuhkan. Sisiannya dibuat sedikit melengkung dengan punch hole untuk wadah kamera selfie.

Chipset Snapdragon 8 Gen 3 dipadankan dengan RAM hingga 16GB dan kapasitas penyimpanan hingga 1TB. Untuk stabilitas performa, Xiaomi 14 Ultra juga memperbesar ruang vapor hingga 3 kali lipat agar tahan panas.

Sistem operasinya menggunakan HyperOS berbasis Android 14. Baterainya jumbo dengan kapasitas 5.300 mAh dan dukungan pengisian daya cepat 90W.

Xiaomi 14 Ultra juga sudah mendukung komunikasi berbasis satelit. Pengguna bisa mengirim pesan tanpa sambungan seluler di saat terdesak.

Berikut daftar harga Xiaomi 14 di pasar China:

12/256GB 6.499 yuan (Rp 14 jutaan)

16/512GB 6.999 yuan (Rp 15,2 jutaan)

16GB/1TB 7.799 yuan (Rp 16,9 jutaan)

Edisi Titanium 8.799 yuan (Rp 19 jutaan)

Belum jelas apakah HP ini akan turut dibawa ke Indonesia atau tidak. Kita tunggu saja!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *