Banyak WNI Ditolak Masuk ke Thailand, KBRI Bangkok Rilis Himbauan bagi Turis Indonesia

Banyak WNI Ditolak Masuk ke Thailand, KBRI Bangkok Rilis Himbauan bagi Turis Indonesia

Nagaliga.news – Beberapa waktu belakangan, makin banyak turis Indonesia ( WNI  ) yang mengeluh ditolak masuk ke Thailand. Lewat unggahan online, tidak sedikit dari mereka yang berbagi pengalaman gagal liburan di Negeri Gajah Putih dalam berbagai skenario KBRI Bangkok memberikan himbauan bagi Turis Indonesia yang ingin masuk ke Thailand.

Banyak WNI Ditolak Masuk ke Thailand, KBRI Bangkok Rilis Himbauan bagi Turis Indonesia

Kendati demikian, kebanyakan komentar warganet menyebut terkena random check di bandara internasional negara itu. “Saya ngalamin ini. Saya emang aman, tapi dua orang temen kena. Satu bisa masuk setelah dibantu Kedubes Indonesia di Bangkok, yang satunya betul disuruh balik pulang,” keluh seorang pengguna Instagram, pekan lalu.

Mendapati ini, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bangkok pun merilis sejumlah imbauan melalui unggahan Instagram-nya, Kamis, 15 Februari 2024. “Imbauan untuk WNI yang akan berkunjung ke Thailand. Mari disimak!” tulis pihaknya sebagai keterangan.

KBRI Bangkok melanjutkan, “Berdasarkan ketentuan Imigrasi Thailand, WNA yang melakukan kunjungan singkat dengan bebas visa ke Thailand perlu menunjukkan bukti kemampuan finansial untuk menunjang hidup selama berada di Thailand.”

Merujuk aturan itu, wisatawan Indonesia yang akan berlibur di Thailand diimbau mengikuti hal-hal berikut:

  1. Memiliki masa berlaku paspor paling sedikit enam bulan;
  2. Memiliki bukti tiket pulang;
  3. Memiliki bukti pemesanan akomodasi/hotel selama berada di Thailand;
  4. Memiliki bukti finansial untuk dapat menunjang biaya hidup selama ber

Nominal Uang Tunai yang Disarankan

KBRI Bangkok juga menulis, “Sesuai Immigration Act B.E. 2522 (1979) Thailand, pemberian izin atau penolakan masuk WNA ke wilayah Thailand sepenuhnya merupakan wewenang petugas Imigrasi Thailand.”

Sebagai informasi tambahan, kata mereka, imbauan ini dikeluarkan mengingat semakin seringnya KBRI Bangkok menerima pengaduan dari WNI yang tidak diperkenankan masuk ke Thailand karena “tidak dapat menunjukkan dokumen dan bukti-bukti tersebut pada petugas imigrasi saat random check.”

Sumber : liputan6.com

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *