KPU Makassar Jelaskan Alasan Insentif Bimtek KPPS Telat Cair

By nagaliga Jan 30, 2024
KPU_Makassar_Jelaskan_Alasan_Insentif_Bimtek_KPPS_Telat_Cair

Nagaliganews – Makassar – KPU Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) menuai sorotan lantaran telat membayarkan uang transportasi pelantikan dan bimbingan teknis (bimtek) Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Pihaknya beralasan situasi tersebut terjadi karena administrasi pencairannya masih dalam proses.

Diketahui, KPU Makassar telah melantik 28.028 anggota KPPS di Hotel Claro Makassar pada Kamis (25/1). Namun setelah pelantikan, anggota KPPS tersebut tidak langsung menerima uang transportasi dari.

“Transport untuk bimtek KPPS memang tidak langsung dibayarkan karena ada mekanisme keuangan berdasarkan aturan Kementerian Keuangan yang sedang berproses,” ujar Anggota KPU Kota Makassar Abdi Goncing kepada detikSulsel, Minggu (28/1/2024).

“Sekarang ini masih ada proses revisi keuangan, sehingga ada sedikit perlambatan dalam proses pencairan anggaran,” ucapnya.

KPU Makassar berjanji segera membayarkan uang transportasi pelantikan dan bimbingan teknis bagi KPPS. Uang transportasi yang akan diterima berkisar di angka Rp 100 ribu hingga maksimal Rp 150 ribu per orang.

Sesuai dengan aturan kementerian keuangan dalam SBM (Standar Biaya Masukan) untuk perjalanan dalam kota.

KPPS Terima Uang Transport Rp 150 Ribu

KPU Makassar berjanji segera membayarkan uang transportasi pelantikan dan bimbingan teknis bagi KPPS. Uang transportasi yang akan diterima berkisar di angka Rp 100 ribu hingga maksimal Rp 150 ribu per orang.

“(Uang transportasi) Rp 100 ribu sampai 150 ribu. Dalam mata anggaran kami, disebutkan pelantikan dan bimtek. Besarannya sesuai SBM Kementerian Keuangan,” ungkap Abdi.

Abdi mengatakan, nominal tersebut telah ditetapkan dalam regulasi yang berlaku. Hal itu ditetapkan dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 83/PMK.02/2022 tentang Standar Biaya Masukan (SBM) Tahun Anggaran 2023.

“Sesuai dengan aturan kementerian keuangan dalam SBM (Standar Biaya Masukan) untuk perjalanan dalam kota,” pungkasnya.

Sumber : detik.com.sulsel

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *