Jurgen Klopp Akan TINGGALKAN LiverpoolJurgen Klopp Akan TINGGALKAN Liverpool

Nagaliga.news – Secara mengejutkan, Jurgen Klopp mengumumkan bahwa dirinya akan meletakkan jabatannya sebagai pelatih Liverpool di akhir musim 2023/24

APA YANG TERJADI?

Jurgen Klopp mengambil alih tampuk kepelatihan Liverpool pada Oktober 2015 sebagai suksesor Brendan Rodgers. Bersama pelatih Jerman itu, The Reds sukses menjuarai Liga Primer Inggris, Liga Champions Eropa, Piala FA, Piala Liga, Piala Super UEFA, dan Piala Dunia Antarklub.

Setelah tahun-tahun penuh kesuksesan di Anfield, Klopp resmi mengumumkan pada Jumat (26/1) ia akan meninggalkan Liverpool.

APA YANG KLOPP KATAKAN?

Klopp mengumumkan bahwa dirinya akan mengundurkan diri dari Liverpool pada penghujung musim ini. Ia berbicara pada laman resmi The Reds: “Saya mengerti ini sangat mengejutkan banyak orang. Tapi tentu saja saya bisa menjelasakannya – atau setidaknya mencoba menjelaskannya.”

“Saya mencintai segalanya soal klub ini, saya mencintai segalanya tentang kota ini, saya mencintai segalanya tentang suporter kami, saya mencintai tim ini, saya mencintai para staf. Saya mencintai segalanya. Tapi dengan saya tetap mengambil keputusan ini, menunjukkan bahwa saya yakin ini adalah keputusan yang harus saya ambil.”

“Saya, bagaimana menyampaikannya ya, merasa kehabisan energi. Tentu saja sekarang saya tak punya masalah, sudah sejak lama saya tahu bahwa suatu saat nanti saya harus mengumumkan ini, tetapi saat ini saya sepenuhnya baik-baik saja. Saya tahu saya tidak akan bisa melakukan pekerjaan ini lagi dan lagi dan lagi dan lagi.”

“Setelah tahun-tahun kita bersama dan setelah semua waktu yang kita habiskan bersama dan setelah segala yang kita lalui bersama, respek saya untuk kalian bertumbuh, cinta saya untuk kalian bertumbuh, dan saya berutang kebenaran pada kalian – dan inilah kebenaran itu.”

SITUASINYA

Kontrak Klopp sebenarnya baru berakhir pada musim panas 2026, namun ia menjelaskan lebih jauh terkait keputusannya untuk mundur.

Ia menambahkan: “Saya sudah menyampaikan ini pada klub November lalu. Saya harus sedikit menjelaskan bahwa mungkin yang orang lihat dari luar, pekerjaan yang saya lakukan adalah saya ada di pinggir lapangan, di sesi latihan, dan hal-hal seperti itu. Tetapi sebagian besar urusan berkisar antara hal-hal itu. Artinya, sebuah musim dimulai dan Anda sudah harus merencanakan musim yang berikutnya. Saat kami duduk bersama berbicara soal rencana transfer, kamp latihan musim panas yang berikutnya, dan ke mana kami harus pergi, perasaan itu melintas, ‘Saya tidak yakin saat itu saya masih di sini’ dan saya sendiri kaget dengan perasaan itu. Tentu saja saya mulai memikirkannya.”

“[Saat itu] belum dimulai, tapi musim lalu adalah musim yang super sulit dan ada momen di mana di klub lain mungkin mereka akan mengambil keputusan, ‘Ayolah, terima kasih banyak atas segalanya tetapi mungkin ini saatnya kita berpisah.’ Tentunya itu tak terjadi.”

“Bagi saya, amat sangat penting sekali saya mampu membantu tim ini kembali ke jalur yang semestinya. Saat itu, cuma itu yang saya pikirkan. Ketika di awal saya menyadari itu yang terjadi, bahwa ini adalah tim yang sangat bagus, dengan potensi yang besar, dengan kelompok usia yang super, karakter yang super, dan segala-galanya, saat itulah saya bisa mulai memikirkan diri sendiri lagi dan itulah hasilnya. Bukannya saya tak mau, hanya saja inilah yang menurut saya 100 persen tepat.”

SELANJUTNYA UNTUK KLOPP & LIVERPOOL

Klopp memimpin lebih dari 460 laga sebagai pelatih Liverpool dan memiliki rataan kemenangan 60,7 persen. Ia akan dikenang dan disandingkan bersama manajer-manajer legendaris Anfield lainnya seperti Bill Shankly dan Bob Paisley. Dan kini masih bisa menandai musim terakhirnya sebagai bos The Reds dengan berbagai medali. Mengingat Liverpool masih memimpin klasemen Liga Primer Inggris, mencapai final Piala Liga, dan bersaing di Piala FA serta Liga Europa.

 

Sumber : goal.com

By naga

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *