Respons Sultan HB X soal Jokowi Bilang Presiden Boleh Kampanye-Memihak

Respons_Sultan_HB_X_soal_Jokowi_Bilang_Presiden_Boleh_Kampanye-Memihak

Nagaliganews – Sultan Hameng Kubuwono (HB) X merespons penyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyebut presiden boleh berkampanye dan memihak. Sultan HB X mengatakan dirinya tak dalam posisi untuk mengomentari.
“Saya ndak punya komentar seperti itu ya kan,” kata Sultan HB X di Kantor Gubernur DIY, Jalan Malioboro, Rabu (24/1/2024).

Sultan HB X mengatakan hanya bisa berkomentar untuk dirinya sendiri. Ia tak ingin menanggapi pernyataan Jokowi itu.

“Saya bisa komentar di publik untuk diri saya sendiri saja,” ujarnya.

Diketahui, Jokowi menyampaikan hal itu usai menyaksikan penyerahan pesawat C-130J A-1344 Super Hercules, Helikopter AS-550 Fennec, dan Helikopter AS-565 Panther dari Kementerian Pertahanan (Kemhan) ke TNI AU di Pangkalan TNI AU Halim, Rabu (24/1/2024).

Jokowi bicara presiden boleh kampanye dan memihak saat ditanya soal menteri yang menjadi bagian dari timses paslon capres-cawapres. Jokowi mengatakan hal itu merupakan hak politik masing-masing.

“Hak demokrasi, hak politik setiap orang. Setiap menteri sama saja, yang paling penting, presiden itu boleh loh kampanye, presiden boleh loh memihak. Boleh,” jawab Jokowi.

“Tapi yang paling penting waktu kampanye tidak boleh menggunakan fasilitas negara. Boleh, kita ini pejabat publik sekaligus pejabat politik, masa begini nggak boleh, berpolitik boleh, menteri juga boleh,” tambahnya.

sumber : news.detik.com

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *