Geger Skandal Korupsi, Menteri Perhubungan Singapura Mengundurkan Diri

Geger_Skandal_Korupsi,_Menteri_Perhubungan_Singapura_Mengundurkan_Diri

Nagaliganews – Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong pada Kamis (18/1) mengumumkan pengunduran diri menteri perhubungan terkait skandal korupsi yang menggemparkan negeri Singa itu. Menteri tersebut mundur dari jabatannya setelah didakwa melakukan 27 pelanggaran dalam penyelidikan korupsi, yang juga menjerat seorang miliarder taipan perhotelan.
Dilansir kantor berita AFP, Kamis (18/1/2024), Menteri Perhubungan S. Iswaran ditangkap pada bulan Juli 2023 dan dibebaskan dengan jaminan sehubungan dengan penyelidikan korupsi tingkat tinggi yang jarang terjadi di negara kota tersebut.

Iswaran (61) sebelumnya telah mengatakan dia akan mengaku tidak bersalah atas dakwaan yang diajukan oleh Biro Investigasi Praktik Korupsi saat dia hadir di pengadilan pada hari Kamis (18/1).

Seorang reporter AFP melihat Iswaran meninggalkan pengadilan bersama pengacaranya usai kehadirannya.

Tak lama setelah persidangan itu, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong mengatakan bahwa Iswaran telah mengajukan pengunduran dirinya dari pemerintah, parlemen dan Partai Aksi Rakyat (PAP) yang berkuasa. Pengunduran diri itu diajukan pada 16 Januari setelah diberi pemberitahuan resmi mengenai dakwaan terhadap dirinya.

Lee mengatakan bahwa Iswaran juga berjanji mengembalikan uang yang diterima sebagai bagian dari gaji dan tunjangannya sejak penangkapannya.

“Saya menolak tuduhan dalam dakwaan tersebut dan sekarang akan fokus membersihkan nama saya,” tulis Iswaran dalam surat pengunduran dirinya, yang dipublikasikan di situs kantor perdana menteri.

Sebagian besar dakwaan terhadap Iswaran berkaitan dengan korupsi, namun ia juga menghadapi satu dakwaan menghalangi pengadilan.

Di antara dakwaan-dakwaan tersebut, Iswaran diduga menerima tiket acara olahraga terkenal dari taipan hotel Ong Beng Seng, salah satu orang terkaya di Singapura.

Ong ditangkap pada hari yang sama dengan Iswaran pada tahun 2023 dan juga dibebaskan dengan jaminan.

Investigasi korupsi ini telah menggemparkan Singapura, pusat keuangan global yang terkenal sebagai salah satu negara yang paling sedikit korupsinya di dunia.

Para menteri kabinet Singapura diberi gaji yang sebanding dengan mereka yang berpenghasilan tertinggi di sektor swasta untuk mencegah korupsi.

Lee sebelumnya mengakui bahwa PAP yang sudah lama berkuasa telah “mendapat pukulan” setelah serangkaian skandal politik.

Selain penangkapan Iswaran tahun lalu, ada dua anggota parlemen PAP yang mengundurkan diri karena selingkuh.

sumber : news.detik.com

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *