Hasil Arab Saudi Vs Oman, Riuh Drama VAR Warnai Kemenangan 2-1 Saudi

Hasil Arab Saudi Vs Oman, Riuh Drama VAR Warnai Kemenangan 2-1 SaudiHasil Arab Saudi Vs Oman, Riuh Drama VAR Warnai Kemenangan 2-1 Saudi

Nagaliga.News – Timnas Arab Saudi bangkit dari ketertinggalan untuk mengalahkan Oman pada laga Grup F Piala Asia 2023. Kemenangan Arab Saudi atas Oman pun berlangsung dramatis setelah gol penentu raihan tiga poin terjadi pada tambahan waktu babak kedua usai melewati pengecekan video assistant referee (VAR).

Laga Arab Saudi vs Oman pada laga terakhir matchday perdana fase Grup F Piala Asia 2023 berlangsung di Khalifa International Stadium, Doha, Qatar, Rabu (17/1/2024) dini hari WIB. Stadion penuh sesak oleh para pendukung masing-masing tim, utamanya suporter Arab Saudi.

Namun, pendukung Arab Saudi tersentak setelah Oman berhasil unggul lebih dulu pada menit ke-14 melalui eksekusi penalti Salaah Al Yahyaei.

Penalti diberikan setelah bek Arab Saudi, Hassan Al-Tambakti, melakukan pelanggaran terhadap Muhsen Al Ghassani di dalam kotak penalti. Penalti diberikan setelah peninjauan VAR dan Salaah Al Yahyaei melakukan tugasnya dengan baik, mencetak gol dengan penyelesaian percaya diri.

Oman disiplin dalam bertahan. Hal itu membuat Arab Saudi, yang dilatih oleh legenda Italia, Roberto Mancini, kesulitan menerobos tembok Oman.

Selain itu, Arab Saudi pun menyia-nyiakan peluang dengan tembakan tak tepat sasaran. Babak pertama pun bertahan dengan skor 1-0 untuk keunggulan Oman.

Pada babak kedua, Arab Saudi tampil lebih agresif dan menekan. Adapun Oman hanya melakukan serangan balik via Al Yahyaei. Al Yahyaei, pemain berusia 25 tahun, lalu kelelahan dan diganti pada menit ke-75.

Dia meninggalkan lapangan dan mendapat tepuk tangan meriah dari para pendukung Oman.  Namun, Arab Saudi tampil lebih baik di babak kedua.

Setelah menyia-nyiakan beberapa peluang, Abdulrahman Ghareeb berhasil menyamakan skor pada menit ke-78. Abdulrahman Ghareeb menggiring bola melewati empat pemain bertahan Oman sebelum menyelesaikannya dengan tenang untuk membuat tim Saudi kembali bersorak.

Lalu, drama terjadi pada pengujung laga, tepatnya pada tambahan waktu babak kedua, 90+6, saat Arab Saudi bisa berbalik unggul.

Saat skor imbang 1-1, Al-Bulayhi mencetak gol melalui sundulan jarak dekat dari bola mati.

Awalnya, hakim garis mengangkat bendera karena menilainya offside.  Namun, wasit kemudian melakukan pengecekan VAR dan mengesahkan gol bagi tim asuhan Roberto Mancini tersebut.

Para penonton pun riuh bergemuruh merayakan keputusan tersebut. Arab Saudi menang 2-1 atas Oman. Kemenangan ini membawa Arab Saudi menyamai poin Thailand yang pada laga sebelumnya menang 2-0 atas Kirgistan pada laga Grup F. Arab Saudi menempati peringkat kedua di bawah Thailand (kalah selisih gol), diikuti Oman dan Kirgistan di posisi berikutnya.

Sumber : bola.kompas.com

By naga

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *