Kenapa VAR TIDAK Dipakai Di Semi-Final Piala Liga Chelsea & Liverpool

VAR TIDAK Dipakai Di Semi-Final Piala Liga Chelsea & Liverpool
VAR TIDAK Dipakai Di Semi-Final Piala Liga Chelsea & Liverpool

Nagaliga.news – VAR tidak akan dipakai di semi-final Piala Liga karena keikutsertaan Middlesbrough.

English Football League (EFL) memutuskan untuk tak menggunakan teknologi VAR pada kedua semi-final yang mempertemukan Chelsea vs Middlesbrough dan Liverpool vs Fulham.

Read More

The Blues asuhan Mauricio Pochettino akan berkunjung ke markas Boro pada leg pertama, Rabu (10/1) dini hari WIB, sementara The Reds menjamu Fulham, Kamis (11/1) dini hari WIB.

Langkah ini diambil karena Riverside Stadium, markas Middlesbrough, tak memiliki teknologi untuk mendukung penggunaan VAR, dan VAR memang tak digunakan di divisi Championship.

Alih-alih menggunakan VAR di tiga dari empat laga semi-final, EFL memutuskan bahwa lebih “adil” untuk sekalian menghilangkan teknologi tersebut sepenuhnya di babak empat besar ini.

Juru bicara EFL berkata kepada The Telegraph: “Tidak akan ada VAR di semi-final karena teknologi tersebut tak bisa digunakan di Middlesbrough.”

“Karenanya, diputuskan bahwa lebih adil untuk tak menggunakannya sama sekali pada keempat laga semi-final. FA memilih pendekatan yang berbeda [di Piala FA], tapi kami merasa ini adalah cara terbaik. Jika tak bisa digunakan di salah satu laga, maka tak akan digunakan di keempat leg semi-final.”

“Namun, VAR akan tetap digunakan di partai final terlepas dari siapa pesertanya karena teknologinya sudah tersedia di Stadion Wembley.”

Penggunaan VAR terbukti kontroversial di Piala FA, karena tim-tim kasta bawah tidak mendapatkan manfaat teknologi tersebut saat bermain di kandang di putaran ketiga sepanjang akhir pekan kemarin, sementara VAR tetap dipakai saat tim Liga Primer yang berstatus tuan rumah.

Menghadapi tim kasta kedua, Chelsea sangat diunggulkan untuk melaju ke final, dengan Pochettino memburu trofi pertamanya di kancah sepakbola Inggris. Sementara Liverpool cukup pede untuk menyusul The Blues dengan harapan bisa mengulang final edisi 2022 – yang The Reds menangkan via adu penalti.

Sumber : goal.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *