RIP Lisa Rumbewas, Peraih 3 Medali Olimpiade asal Papua

RIP_Lisa_Rumbewas,_Peraih_3_Medali_Olimpiade_asal_Papua

Nagaliganews – Dunia olahraga Indonesia sedang berduka. Lisa Rumbewas, lifter putri asal Papua yang pernah meraih tiga medali Olimpiade, meninggal dunia.
Lisa Rumbewas tutup usia pada hari Minggu (14/1) dini hari sekitar pukul 03.00 WIT di RSUD Jayapura. Sepanjang hidupnya, sosok kelahiran Biak, Papua, 43 tahun silam itu punya setumpuk prestasi di bidang olahraga.

Darah olahraga mengalir deras di tubuh Raema Lisa Rumbewas, nama lengkapnya. Ia merupakan anak binaragawan terbaik Indonesia Levi Rumbewas dan lifter putri Indonesia Ida Korwa, dua sosok perintis angkat besi di Bumi Cendrawasih.

Selama berkarier di dunia olahraga, Lisa Rumbewas sudah rutin mengharumkan nama Indonesia. Termasuk di antaranya menjadi peraih medali di tiga Olimpiade berbeda.

Medali Olimpiade pertama persembahan Lisa Rumbewas hadir di gelaran Olimpiade Sydney pada tahun 2000. Ketika itu Lisa meraih perak angkat besi nomor -48 kg putri.

Empat tahun berselang, di Olimpiade Athena 2004, Lisa Rumbewas menyabet medali lagi. Perak kembali dipersembahkan buat Merah Putih di cabang angkat besi nomor -53 kg putri.

Sedangkan di Olimpiade Beijing 2008, Lisa Rumbewas menyabet medali perunggu angkat besi nomor -53 kg putri. Medali itu diberikan pada 3 Desember 2017 setelah atlet asal Belarusia Nastassia Novikava, yang pada awalnya berada di posisi ketiga terbukti menggunakan doping sehingga medalinya dicabut. Lisa pun naik satu posisi ke peringkat ketiga.

Selain tiga keping medali Olimpiade itu, Lisa Rumbewas juga rutin mengharumkan nama Indonesia leawt beragam prestasi di dunia angkat besi.

Sebut saja perak nomor -53kg di Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2006 yang pada waktu itu digelar di Santo Domingo, Republik Dominika. Juga perunggu Asian Games 2002 di Busan pada kelas -48kg.

Lisa Rumbewas juga tercatat mampu menggondol medali di tiga edisi berbeda SEA Games. Ada keping perunggu di SEA Games 2003 Hanoi, perak di SEA Games 2005 Manila, dan emas di SEA Games 2009 Vientiane.

Kabar Lisa Rumbewas meninggal dunia sontak membuat dunia olahraga Indonesia berduka. Salah satu ucapan duka diucapkan Ketua Umum KONI Letjen TNI Purn Marciano Norman.

“Selaku Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat dan mewakili masyarakat olahraga prestasi, saya menyampaikan turut berduka cita,” kata Marciano Norman dalam rilis persnya.

“Semoga mendiang Lisa mendapatkan tempat yang mulia di sisi Tuhan, yang Maha Pengasih, dan Jasanya sebagai Patriot Olahraga akan selalu dikenang, serta memotivasi para Lifter Indonesia untuk meraih prestasi dunia,” ujarnya.

RIP Lisa Rumbewas. Selamat jalan, legenda!

source : sport.detik.com

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *