Ma’ruf Amin Jadi Plt Presiden Selama Jokowi Kunker ke 3 Negara ASEAN

Prabowo_Sebut_Pemerintah_Sepakat_Bentuk_Gugus_Tugas_Giant_Sea_Wall

Nagaliganews – Wakil Presiden Ma’ruf Amin menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Presiden selama Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke tiga negara ASEAN. Jokowi dijadwalkan kembali ke Tanah Air pada 14 Januari mendatang.
Penugasan Ma’ruf Amin menjadi Plt Presiden tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 5 Tahun 2024 tentang Penugasan Wakil Presiden Melaksanakan Tugas Presiden. Keppres itu ditandatangani Jokowi pada 9 Januari 2024 sebagaimana salinannya dilihat detikcom, Rabu (10/1/2024).

ESATU: Menugaskan Wakil Presiden untuk melaksanakan tugas sehari-hari Presiden sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan selama presiden melaksanakan kunjungan kerja dan/atau kenegaraan ke Filipina, Viet Nam, dan Brunei Darussalam pada tanggal 9 sampai dengan 14 Januari 2024 atau sampai dengan tanggal tiba kembali di tanah air.

KEDUA: Apabila dalam jangka waktu penugasan tersebut, perlu segera ditetapkan suatu kebijakan baru, maka Wakil Presiden sebagai pelaksana tugas presiden wajib terlebih dahulu berkonsultasi dan meminta persetujuan Presiden.

KETIGA: Setelah Presiden berada kembali di tanah air, penugasan berakhir dan wakil presiden segera melaporkan pelaksanaan tugas tersebut kepada presiden.

Seperti diketahui, Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Filipina, Vietnam, dan Brunei Darusalam. Jokowi mengatakan kunjungan terakhir ke tiga negara itu sudah lebih dari 5 tahun lalu.

“Siang hari ini saya dan delegasi terbatas akan kunjungan kerja ke Filipina, Vietnam, dan Brunei Darusalam. Kunjungan terakhir saya ketiga negara ini sudah lebih dari 5 tahun yang lalu, dan sudah dikunjungi oleh beliau-beliau ke Indonesia mungkin tidak sekali, dua kali, bahkan ada yang lima kali, baik perdana menteri maupun presidennya,” ujar Jokowi di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Selasa (9/1).

Kunker Jokowi ke tiga negara tersebut hingga 14 Januari. Di Filipina, Jokowi mengatakan menghadiri perayaan 75 tahun hubungan diplomatik.

Kemudian, lawatannya ke Vietnam yakni sebagai mitra strategis perdagangan Indonesia untuk mencapai target yang makin baik. Jokowi menerangkan hal-hal yang dibahas terkait dengan perdagangan.

Jokowi juga menyampaikan kunjungannya ke Brunei Darusalam dalam rangka memenuhi undangan pernikahan anak Sultan Hassanal Bolkiah, Pangeran Mateen. Sekaligus kunjungan itu juga bertemu dengan pengusaha di Brunei untuk berinvestasi di Indonesia.

source : news.detik.com

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *